Jalan Kalianak Bak Kolam Di Jalur Tengkorak, Perbaikan Jalan Hanya Wacana?

Surabaya, BeritaTKP.Com – Di musim penghujan kali ini, kondisi jalan rusak di surabaya hampir merata tak terkecuali jalan yang berada di daerah surabaya utara yakni jalan kalianak, jalan yang menjadi langganan tiap tahun pasti banjir dan rusak ini beberapa kali di perbaiki , tak hanya di menambal di bagian jalan yang berlubang, namun pengaspalan merata di jalan kalianak ini juga sering di lakukan.

Meski sudah ada tindak perbaikan dari dinas terkait, namun belum lama perbaikan jalan tersebut dilakukan, lagi lagi kondisi jalan tersebut rusak kembali, mengingat bahwa jalan kalianak ini adalah jalan yang sering dilewati oleh kendaraan besar dan bermuatan berat.

Dan keadaan saat ini (06/02/2017) lebih parah lagi, sepanjang jalan kalianak kini berlubang dan mengalami kerusakan parah, kerikil kecil dari pretelan aspal membuat jalan kalianak semakin waspada untuk dilewati, dari kerusakan aspal yang sangat parah tersebut membuat jalan kalianak menjadi berdebu bahkan debu yang dihasilkan dari kerusakan jalan tersebut membuat jarak pandang pengendara sangat pendek, ditambah lagi keadaan jalan kalianak yang panas dan gersang bila musim panas , dan bila hukan jalan tersebut menjadi banjir jan berlumpur.

Atas kondisi jalan yang berlubang, dan terdapat genangan air bahkan mengalami rusak parah, para pengendara yang melintasi jalan tersebut harus jalan berkelok untuk menghindari lubang dan kubangan air yang disebabkan oleh kerusakan jalan tersebut.

Dari kerusakan jalan tersebut membuat jalan kalianak menjadi langganan banjir, macet bahkan kecelakaan yang mengakibatkan para pengendara yang melintas di jalan tersebut luka luka dan tewas, tak terhitung berapa kali terjadinya kecelakaan di jalan tersebut bahkan sampai merenggang nyawa para pengendara hingga jalan kalianak dijadikan sebagai jalur tengkorak.

Berdasarkan survei di lapangan , terpampang jelas kerusakan jalan kalianak yang sangat parah, mulai dari jalan berlubang dengan diameter 50 centimeter dengan kedalaman 30 centimeter hingga bagian jalan yang rusak parah dengan panjang 4 meter dengan kedalaman lubang 25 centimeter.

Baca Juga :  Festival Wirakarya Kampung Kelir Zone 9 Dihadiri 1000 Pramuka

Bila ke barat menuju arah greges tepatnya di jalan kalianak area pergudangan kerusakan jalan semakin parah mulai dari genangan air yang tak pernah surut lantaran jalan tersebut menjadi langganan banjir rob (banjir laut pasang) bahkan banjir tersebut mencapai ketinggian 25 centimeter , belum lagi jika hujan turun, banjir menjadi parah dan tak pelak jalan tersebut menjadi macet lantaran banyak kendaraan yang mogok berhenti di tengah jalan.

Macetnya di jalan tersebut bukan hanya karnya banjir dan jalan yang berlubang , macet di jalan kalianak lantaran seringnya mobil mobil besar seperti truck dan trailer keluar masuk di area pergudangan yang berada di sekitar jalan kalianak tersebut, bahkan tak jarang banyak mobil besar tersebut parkir di pinggir jalan hingga membuat macet di jalan tersebut, meskipun sudah di keluarkan peraturan untuk mobil besar tersebut melintas di jam jam dan hari tertentu tetapi tetap saja kemacetan tak bisa di hindari di jalan kalianak ini.

Bahkan salah satu pengguna jalan yang rawan kecelakaan tersebut mengirimkan email kepada media BeritaTKP di jejaktkp@gmail.com , pengguna jalan tersebut mengeluhkan tentang keadaan jalan kalianak saat ini “Jln gersik atau jln kalianak rusak parah jd sy sebagai perwakilan dr pengguna motor baik roda 2 atau roda 4 ingin mengungkapkan hati yg sedalam”nya bahwa sangat banget untuk di tindak lanjuti agar jln ini kembali normal lg seperti yg dulu,agar gak ada lg korban kecelakaan .Intinya agar semua pengguna jalan gak ada hambatan lagi Serta para pengguna jalan tersebut terhindar dr kecelakaan.terimakasih” kutipan pesan email dari sunardis905@gmail.com.

Beberapa pekan yang lalu wakil gubernur jawa timur Saifullah Jusuf, turun langsung menuju ke lapangan guna untuk sidak tak hanya sidak dalam kehadiranya wakil gubernur jawa timur yang sering di panggil dengan sebutan Gus Ipul tersebut juga melakukan penambalan jalan di beberapa titik yang mengalami kerusakan parah.

Baca Juga :  Pemberangkatan Bantuan Untuk Korban Garut

Dalam sela-sela ikut turun menambal sulam jalan kalianak yang berlubang tersebut Gus Ipul juga mengatakan kerusakan jalan di Kalianak itu disebabkan beban kendaraan yang melebihi kapasitas Drainase di jalur itu juga tidak jalan sehingga ketika hujan terjadi banjir Jalan Kalianak rusak disebabkan beberapa hal yakni tergerus air laut, beban kendaraan yang melebihi kapasitas hingga drainasenya tidak jalan.

Ia juga menjelaskan, bahwa Pemprov Jawa Timur telah mengucurkan dana swakelola sebesar Rp 200 miliar yang didistribusikan ke 11 Unit Pelayanan Teknis (UPT) untuk memperbaiki kerusakan jalan provinsi, sambil menunggu pemenang tender diumumkan.

Dengan turunya langsung wakil gubernur jawa timur tersebut, sepertinya perbaikan jalan kalianak akan di percepat , dan itu dituturkan juga oleh kepala Biro Humas & Protokol Pemprov  Jatim, Benny Sampir Wanto ia menyatakan bahwa Akhir Februari nanti Jalan Kalianak sudah bisa dimulai pengerjaanya dan saat in masih dalam proses tender sekitar awal bebruari nanti kontraknya sudah ditaken sehingga di akhir Pebruari mulai dikerjaan.

Dengan pernyataan tersebut setidaknya menjadi kabar baik bagi warga kalianak dan para pengguna jalan kalianak tersebut, dan setidaknya perbaikan terhadap jalan nasional ini bukan hanya wacana saja. @jep

print
(Visited 90 times, 1 visits today)

Shortlink: