Kodim 0809/Kediri Bersama Masyarakat Laksanakan Karya Bakti di Tempat Pemakaman Umum (TPU)

18 MAR MASKUMAMBANG (11)Kediri, BeritaTkp.com – Karya Bakti yang berlokasi di tempat Pemakaman Umum (TPU) Bukit Maskumambang Kota Kediri, yang terletak di sebelah timur lereng Gunung Klotok, dijadikan lokasi Kodim 0809/Kediri bersama masyarakat, untuk membersihkan areal pemakaman yang sebagian besar dikhususkan untuk warga etnis tionghoa atau beragama Budha dan Konghuchu. Dengan mengambil lokasidi pelataran Krematorium Dana Pangrukti Kota Kediri, anggota Kodim Kediri dan masyarakat membersihkan areal pemakaman tersebut dari semak belukar dan sampah yang berserakan, Jum’at (18/03/2016).

TPU Bukit Maskumambang memang sebagian besar digunakan untuk memakamkan jenazah berlatarbelakang etnis tionghoa atau beragama Budha dan Konghuchu, tetapi bukan berarti jenazah yang berlatarbelakang lain tidak ada. Disisi barat Bukit Maskumambang ,banyak jenazah yang dimakamkan ditempat tersebut mayoritas berlatarbelakang Islam, sedangkan yang ada disisi selatan banyak jenazah yang dimakamkan ditempat tersebut mayoritas berlatarbelakang Kristen, itupun bukan berarti beretnis tionghoa.

“Yang ada di pemakaman ini ,tidak bisa ucapkan terima kasih kepada kalian (anggota Kodim Kediri dan masyarakat), tetapi bukan berarti yang kalian lakukan tidak berarti apa-apa. Kebersihan pemakaman ini bukan tanggung jawab petugas kebersihan yang ada disini saja, tetapi tanggung jawab kita semua,” kata Dandim Kediri Letkol Inf Purnomosidi, pada pembukaan Karya Bakti di TPU Bukit Maskumambang.

Baca Juga :  TMMD KE-96 DI Kabupaten Probolinggo Resmi di Tutup Oleh Bapak Bintang Satu

“Dengan karya bakti ini, sekaligus kita bisa membuktikan keberagaman yang ada di Kediri, dalam pandangan multietnis dibawah naungan Pancasila. Pemakaman yang dihuni jenazah dari etnis atau agama tertentu, bukan berarti diabaikan karena tidak sesuai dengan latarbelakang kalian (anggota Kodim Kediri dan masyarakat), tetapi lebih dari penerapan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan bersosial masyarakat,” lanjut Letkol Inf Purnomosidi.(Yono)

print
(Visited 61 times, 1 visits today)

Shortlink: