Polisi Grebek Pabrik Kosmetik Abal Abal

Probolinggo, BeritaTKP.Com – Sebuah Home Industry skin care ilegal digerebek Polres Probolinggo, dari penggerebekan tersebut petugas mengamankan dua orang yakni Nur Hasanan (45), pemilik sekaligus meracik kosmetik dan Supriatin (40) bagian pemasaran, mereka di amankan di sebuah rumah yang terletak i Desa Gading wetan, Kecamatan Gading, Kabupaten Probolinggo.

Home industry itu beroperasi lama dan menyediakan bahan kosmetik ilegal alias tanpa izin hal tersebutlah yang membuat petugas langsung melakukan penyelidikan dan langsung menggrebek saat terjadi aktivitas memproduksi cream kosmetik ilegal itu.

Selain mengamankan kedua pelaku petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti yakni 1 buah mesin mixer, 5 kantong plastik berisi kemasan plstik kosong kosmetik, 2 kardus besar berisi bahan pembuat kosmetik berupa plasenta, 7 plastik berisi cream yang sudah dikemas kecil, 14 buah cream racikan, 1 buah livia peeling gel, 1 vitamin wajah, 12 biji adonan berisi livia dan 1 kardus wadah kosong pembersih badan.

Dalam kasus ini pelaku menjelaskan bahwa pelaku mencampur sejumlah cream kosmetik yang dibeli dari teman-temannya atau mencari secara online dan kemudian, semua bahan kosmetik itu dikemas sendiri dalam wadah kecil, pelaku mengaku tidak mengetahui jika memproduksi atau mencampur cream kosmetik yang dibelinya itu melanggar hukum dan usahanya sudah berjalan 2,5 tahun, Pendapatannya tidak menentu, tergantung banyaknya pemesanan, kadang Rp 1 juta-1,5 juta tiap bulan.

Baca Juga :  6 Pelaku Pencurian Gudang Mesin Kapal Diamankan Polisi

Tersangka dijerat dengan pasal 196 dan pasal 197 tentang undang-undang kesehatan dengan ancaman hukuman selama 15 tahun penjara hal tersebut dikarenakan produksi cream kosmetik tanpa aturan atau takaran yang sesuai kesehatan, sangat berbahaya apalagi tidak ada ijin produksi dan ijin dari BPOM. @Ston

print
(Visited 39 times, 1 visits today)

Shortlink: