Ingin Tau Cara Kinerja Wartawan, Siswa SMK Dr. Soetomo Magang Di Media BeritaTKP

Surabaya, Beritatkp.Com — Di semester 2 tahun ajaran 2016-2017 siswa Sekolah Menengah Kejuruan biasanya di tuntut untuk memenuhi syarat kelulusan, selain harus menguasai pelajaran di jurusanya para siswa juga di syaratkan untuk terjun ke dunia kerja secara langsung atau disebut PKL (Praktek Kerja Lapangan).

Dalam hal ini siswa SMK Dr. SOETOMO surabaya, Trio Efendi, Baharudin Yusuf Habibi, dan Edy Nur Cahyono selaku pelajar SMK mereka memenuhi syarat tersebut, ketiga siswa kelas 11 jurusan multimedia tersebut sempat khawatir lantaran kesusahan mencari tempat magang yang sesuai dengan jurusanya tersebut selain keterbatasan jumlah perusahaan yang menerima siswa magang ada pula yang penuh dengan kuota siswa magang sehingga mereka harus kuwalahan mencari tempat magang.

Hingga akhirnya mereka bertiga memutuskan untuk mencoba menanyakan penerimaan siswa magang di PT. BERITATKP (media BeritaTKP) yang berada di jl. Candisari no. 2, sawentar, surabaya, hngga akhirnya mereka di terima sebagai siswa magang di media BeritaTKP atas surat rekomendasi dari pihak sekolahan SMK Dr. Soetomo surabaya dan surat konfirmasi pihak media BERITATKP.

“Kami sudah berusaha untuk mendatangi tempat-tempat yang berhubungan dengan keahlian kami yaitu (MULTIMEDIA), tetapi tempat yang menyediakan untuk anak magang/PSG sudah penuh semua. Hari selanjudnya Baharudin Yusuf Habibi, dan Edy Nur Cahyono menemukan ada satu tempat magang/PSG yang berada di jalan Candisari No. 2A Sawentar, Surabaya,” ujar Trio salah satu siswa magang.

Baca Juga :  Kombes Pol M Iqbal Dipromosikan ke Mabes Polri

Sekedar informasi pada tahun sebelumnya PT. BeritaTKP (media BeritaTKP) juga pernah menerima siswa magang dengan siswa yang bernotabene sekolahan yang sama yakni SMK Dr. Soetomo surabaya.

Dalam hal ini para siswa yang magang di media Berita TKP di beri pembekalan dan penambahan ilmu jurnalistik, seperti editing berita, mengetahui kosa kata yang sering muncul pada kalimat pemberitaan, mencari pemberitaan, publikasi berita ke website, mengolah ucapan narasumber dan dijadikan berita, dan tambahan ilmu lainya yang sesuai dengan jurusan siswa tersebut.

“kami diberikan bimbingan serta tambahan ilmu tentang kejurnalistikan, kami juga di ajarkan bagaimana mengolah kata, mengunggah berita ke website BERITATKP.Com, selain itu banyak ilmu yang kita pelajari tentang pemberitaan bemberitaan yang di unggah oleh media BeritaTKP”ujar Baharudin.

Dalam hal ini pula siswa magang di tunjukan bagaimana kerja sebenarnya supaya nantinya mereka tidak ‘kaget’ bagaimana dunia kerja yang aslinya, karena selain pengetahuan, kedisiplinan juga di ajarkan kepada siswa siwa magang tersebut.

“Kita mulai melakukan kegiatan dari pukul 09.00 sampai 17.00, kami bertiga ingin menunjukan bahwa murid dari SMK Dr. Soetomo bisa belajar lebih dari apa yang di ajarkan di sekolahan, kami juga ingin menunjukan bahwa siswa multimedia bukan hanya bisa belajar photoshop dan software lainya, melainkan bisa belajar yang lain salah satunya belajar menjadi jurnalis yang baik dan benar” tutup edy. @siswamagang

print
(Visited 75 times, 1 visits today)

Shortlink: