Terungkap Lagi Situs Peninggalan Kerajaan Singasari

Malang, BeritaTKP.Com – Setelah di temukan situs kerajaan purbakala di Mojokerto berupa tumpukan batu bata yang di duga pagar kerajaan majapahit kini di temukan lagi situs purbakala yang di duga  peninggalan Kerajaan Singasari atau Majapahit, penemuan tersebut terjadi di Dusun Nanasan, Desa Ngawonggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang.

Wujudnya berupa petirtaan, Petirtaan adalah tempat pemandian suci yang sering digunakanoleh kalangan istana kerajaan pada saat ditemukan, ada beberapa situs letaknya berdekatan, jumlahnya empat titik yang tertutup rerimbunan tanaman serta rumput liar dan lokasinya diantaranya sungai serta saluran irigasi.

Warga setempat yang mengaku, mengetahui keberadaan situs tersebut Rahmad Yasin (25), mengungkapkan bahwa keberadaan situs purbakala ini juga diketahui warga lainnya dan kemudian Rahmad memiliki inisiatif melaporkan keberadaan situs tersebut kepada pihak berwenang agar bisa mengungkap asal usul sejarah dan pelestariannya.

Para warga sudah mengetahui sejak dari dulu namun sayang tidak ada yang banyak terlalu peduli dengan hal tersebut hingga akhirnya Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan, Jawa Timur, akhirnya mendatangi lokasi situs, berbekal laporan dari warga. Mereka mengamati dan meneliti keberadaan situs untuk mengungkap sejarah pembuatan serta fungsinya di zamannya.

Baca Juga :  Sidoarjo Mulai Terapkan Wajib Pajak Kendaraan Bayar Online

Imam Pinarko selaku Juru Pelihara Candi Kidal yang mewakili Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan menuturkan, jika dilihat dari strukturnya, bisa jadi situs dibuat pada masa akhir Kerajaan Singosari atau awal Kerajaan Majapahit. “Bisa diduga akhir Singasari atau awal Majapahit,” ujar Imam.

Ditambahkan Imam, bahan situs itu juga bisa menunjukkan zaman pembuatan, dengan bangunan yang terbuat dari batu cadas dan sebagian batu andesit karena menurut penjelasanImam di zaman Singosari itu batu andesit mulai sulit, jadi pakai batu cadas yang teksturnya keras. Di zaman Majapahit sudah pakai batu bata.
Petugas purbakala sudah melakukan pengukuran terhadap temuan situs purbakala tersebut dan termasuk adanya arca yang terdapat di dinding situs. @tatak/ariwan

print
(Visited 21 times, 1 visits today)

Shortlink: