Survei Pilgub Jatim 2018, Risma Berpotensi Terpilih Menjadi Gubernur Jatim

Surabaya, BeritaTKP.Com  –  Dalam pertarungan Pilgub Jatim 2018 munculnya nama Khofifah Indarparawansa dan Wagub Jatim Saifullah Yusuf atau Gus Ipul tidak bisa diabaikan begitu saja, meskipun popularitas menteri sosial ini masih di bawah Wagub Jatim tersebut.

Namun yang lebih beratnya lagi mereka akan tersaingi oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang di gadung gadung akan maju di pemilihan gubernur jawa timur pada tahun 2018 mendatang, meskipun ia selalu menegaskan tidak berminat maju dalam suksesi kepemimpinan Jawa Timur itu, justru membayangi tingkat popularitas Khofifah yang dikenal telah dua kali maju dalam Pilgub Jatim sebelumnya.

Menurut hasil survei yang digelar The Inisiative Institute selama tujuh hari itu menempatkan tiga tokoh itu bersaing ketat hal ini dikarenakan Ketiga tokoh tersebut popularitasnya tertinggi, Tiga tokoh yang popularitasnya tertinggi yakni Gus Ipul dengan presentase 82,8 persen. Kemudian disusul Khofifah dengan selisih tipis dari Gus Ipul yakni 81,4 persen. Sedangkan menempati urutan ketiga yakni, Tri Rismaharini dengan 75,4 persen.

Meskipun presentase popularitas wali kota surabaya Tri Rismaharini paling rendah tetap saja nama Tri Rismaharini tetap dikenal luas oleh kalangan masyarakat, belum lagi hasil kerjanya yang sudah terpampang nyata untuk kota surabaya.

Meskipun presentase popularitas wali kota surabaya Tri Rismaharini paling rendah tetap saja nama Tri Rismaharini tetap dikenal luas oleh kalangan masyarakat, belum lagi hasil kerjanya yang sudah terpampang nyata untuk kota surabaya .

Baca Juga :  Polsek Semanding dan Satpol PP Pemkab Tuban Grebek Pabrik Arak , 18.000 Liter Arak Di Musnahkan

Namun terdengar kabar sejak kekalahanya, anak dari mantan presiden Susilo Bambang Yudoyono yakni Agus Harimurti Yudhoyono (mantan calon gubernur DKI Jakarta) yang ternyata akan maju mengikuti pemilihan gubernur Jawa Timur setelah kekalahanya dan Agus memiliki presentase popularitas sebanyak 40,2 persen.

Selanjutnya terdengar nama Disusul Abdul Halim Iskandar (Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur) yang memiliki presentase popularitas sebanyak 14,6 persen. Said Abdullah, politisi PDIP dari Madura sebanyak 14,6 persen. Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mendapatkan 8,8 persen. Begitu pula Bupat Malang yang juga Ketua Partai NasDem Rendra Kresna harus puas dengan angka 6,8 persen.

Survei terhadap 956 responden berusia diatas 17 tahun dan tersebar di seluruh daerah di Jawa Timur juga menyinggung tentang elektabilitas calon Gubernur Jatim dan Ketiga tokoh tersebut yakni, Gus Ipul, Khofifah dan Risma, masih menempati tiga besar dengan selisih angka sangat tipis.

“Responden yang memilih Gus Ipul sebanyak 33,4 persen. Kemudian disusul Khofifah Indar Parawasan sebanyak 28,3 persen dan Tri Rismaharini sebanyak 26,1 persen,” terangnya.

Airlangga juga menambahkan , meski pemilih sudah menentukan pilihan, namun partai politik sampai saat ini belum ada yang menentukan pilihan untuk mengusung atau mendukung calon gubernur.”Jadi sampai sekarang partai politik masih belum menentukan pilihannya,” tandasnya staf pengajar Fisip Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ini. @red

print
(Visited 35 times, 1 visits today)

Shortlink: