Begini Cara Kodim Surabaya Timur Tingkatkan Keamanan Wilayah

Surabaya, BeritaTKP.Com – Perumahan, merupakan salah satu wilayah yang sangat diminati para pelaku kejahatan dalam melancarkan aksinya. Bahkan, tak sedikit petugas keamanan selalu dibuat bingung oleh tindakan para pelaku kriminalitas dalam menjalankan aksinya.

Dalam mengantisipasi terjadinya hal itu, Kodim 0831/Surabaya Timur mulai menerapkan beberapa kegiatan yang ditujukan langsung kepada seluruh petugas satuan pengamanan (satpam) di wilayah tugasnya.

Seperti yang dikatakan Didik (50), salah satu petugas satuan pengamanan di Perumahan Indah Prapen, Kecamatan Tenggilis Mejoyo, Kota Surabaya. Menurutnya, hampir setiap seminggu sekali, dirinya bersama beberapa satpam lainnya, mengikuti pelatihan dan pembinaan yang diberikan langsung oleh personel Kodim 0831/Surabaya Timur.

“Setiap hari minggu, saya bersama rekan-rekan satpam lainnya berkumpul di Kelurhan Panjang Jiwo,” aku Didik. Minggu, 7 Mei 2017 pagi.

Selain itu, kata Didik, tidak hanya pelatihan baris-berbaris saja yang diberikan oleh personel Kodim Surabaya Timur guna mewujudkan petugas keamanan yang handal dan berkompeten. Namun, tutur salah satu satpam perumahan Prapen Indah itu, personel Kodim Surabaya Timur juga memberikan pelatihan-pelatihan dasar Bela Diri.

“Menurut saya, pelatihan dasar bela diri yang diberikan oleh Kodim Surabaya Timur kepada kami sebagai satpam di wilayah ini, sangatlah penting. Sebab, konsekuensi maupun resiko yang akan kami hadapi dalam menjaga keamanan di daerah sini, sangatlah rawan bagi diri kami sendiri,” ujarnya.

Baca Juga :  Polsek Rungkut Menggelar Razia di Kedung Baruk

Sementara itu, di sela-sela kegiatan pelatihan tengah berlangsung, Pembantu Letnan Dua (Pelda) Hari Subagio menjelaskan, ia bersama personel Kodim Surabaya Timur lainnya, hamper secara rutin melakukan pembinaan terhadap satuan pengamanan di wilayah tugasnya.

Ia menuturkan, selain berguna dalam mewujudkan wilayah yang aman dan kondusif, pelatihan ini juga dinilai sangat penting untuk diikuti oleh seluruh petugas keamanan di wilayah tugasnya.

“Sebagai petugas keamanan, mereka harus lebih professional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Jadi, dasar-dasar pelatihan mulai baris-berbaris, lari jalanan, semangat patriot bangsa dan Negara hingga pelatihan dasar bela diri juga kita berikan kepada mereka,” tutur salah satu Bintara Tinggi di Makodim 0831/Surabaya Timur itu. @Yono

print
(Visited 19 times, 1 visits today)

Shortlink: