Peduli Lingkungan, Polsek Rengel Bersihkan Sampah di Sungai

Tuban,BeritaTKP.Com – Petugas kepolisian dari jajaran Polsek Rengel, Kabupaten Tuban melakukan kegiatan “Bersenang-senang” atau yang di sebut dengan Bersih-bersih Sampah dan Berenang di kawasan sungai Desa Rengel, Kecamatan Rengel, Tuban, Jumat (12/5/2017).

Kegiatan bersih-bersih sampah itu dilakukan oleh Sejumlah petugas Polsek Rengel sebagai bentuk keprihatinan dengan banyaknya sampah yang berada di aliran sungai itu. Sehingga anggota Polsek Rengel mendorong kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan khususnya sungai supaya bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan positif.

Mereka cara menyusuri kawasan sungai dengan menggunakan ban bekas dan memakai pelampung juga, dan petugas yang  telah memakai pelampung dan naik ban bekas secara bersama-sama turun ke sungai untuk mencari sampah-sampah yang ada di aliran sungai Goa Ngerong itu.

“Ini kegiatan kita namakan Bersenang-senang, yakni bersih-bersih sambil berenang. Anggota kita ajak menyusuri sungai untuk membersihkan sampah di aliran sungai yang ada di Kecamatan Rengel ini,” terang AKP Musa Bakhtiar, Kapolsek Rengel, Polres Tuban.

Menurut Musa, bahwa kegiatan bersih-bersih sampah di aliran suangai tersebut bertujuan memberikan contoh pada warga masyarakat supaya menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya aliran sungai Ngerong itu merupakan aliran sungai yang jernih dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan. “Titik sampahnya yang banyak di aliran sungai ini berada di pintu air. Sampah yang menumpuk kita bersihkan. Dan tadi beberapa warga tanpa kita ajak juga ikut tergerak untuk bersih-bersih sampah si sungai,” tambahnya AKP Musa Bakhtiar.

Baca Juga :  Polisi Akan Panggil AA Atas Kasus Penggelapan Donasi

Tidak hanya sekedar bersih-bersih sampah, petugas kepolisian dari jajaran Polsek Rengel tersebut juga melihat adanya potensi bahwa aliran Sungai Ngerong itu bisa dijadikan sebagai objek wisata river tubing. Sehingga kebersihan sungai yang selalu deras meski musim kemarau itu perlu untuk dijaga kebersihannya dari sampah yang menumpuk.

“Sungai ini bisa menjadi potensi wisata tersendiri jika dikelola dengan baik dan tidak ada sampahnya. Dengan kegiatan yang kita dilakukan ini supaya menggugah kesadaran masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungannya,” pungkas perwira mantan Danton Brimob itu. @ridwan

print

(Visited 21 times, 1 visits today)

Shortlink: