Kebebasan Pers Perlu Di Budayakan

Anang Ruswandi Pimpinan Redaksi BeritaTKP

Surabaya, BeritaTKP.Com – Satu Aksioma Fundamental Demokrasi Adalah Setiap Warga Negara Harus Memiliki Informasi Dan Pengetahuan. Rakyat Harus Memiliki Pengetahuan Untuk Bisa Memainkan Peran Aktif Dalam Kehidupan Bernegara. Media Yang Bebas Dan Bertanggung Jawab Adalah Sumber Informasi Yang Sangat Penting Bagi Warga Negara Untuk Memilih Pemimpin Terbaik Demi Negaranya Dan Untuk Membuat Keputusan Mengenai Hal – Hal Didalam Negaranya Dan Didalam Komunitasnya.

Informasi Yang Di Sediakan Oleh Media Adalah Sangat Penting Baik Untuk Mengambil Keputusan Yang Pintar Dalam Hal Ekonomi Maupun Hal Pribadi, Ataupun Untuk Mengambil Pilihan Politis Yang Baik. Ada Hubungan Yang Erat Antara Media Yang Terbuka Dan Bebas Dengan Sebuah Perekonomian Yang Efektif, Bahkan Penelitian Bank Dunia Baru – Baru Ini Menunjukkan Bahwa Media Yang Bebas Adalah Syarat Berhasilnya Pembangunan Ekonomi Di Negara Berkembang.

Pemerintah Amerika Serikat Telah Lama Menjalankan Kebijakan Yang Mendukung Berkembangnya Media Yang Bebas Dan Bertanggung Jawab Di Luar Negeri Dan Yang Membantu Membangun Infrastruktur Yang Di Butuhkan Agar Pers Bebas Bisa Berjalan, Yaitu Infrastruktur Legeslatif, Kemandirian Finansial, Transparansi Dalam Pemerintahan, Dan Jurnalis Yang Terlatih Untuk Meliput Secara Obyektif Dan Adil. Mewujudkan Media Yang Bebas Dan Bertanggung Jawab Adalah Usaha Yang Sangat Keras, Nyata, Menantang, Vital, Dan Berkelanjutan. Kita Harus Terus Mengincar Tujuan Utamanya, Warga Negara Yang Menjadikan Informasi Sebagai Dasar Untuk Mengambil Keputusan Mengenai Hal – Hal Yang Menentukan Kehidupan Mereka.

Baca Juga :  Wali Kota Surabaya Beri Penghargaan Kapolrestabes dan Kasat Reskrim

Hak Pers Untuk Secara Bebas Menerbitkan, Mengemukakan Pendapat, Mengkritik, Dan Memberikan Informasi Adalah Prinsip Dasar Demokrasi Pancasila. Meski Saat Ini Kebebasan Pers Berkembang Dengan Baik Di Indonesia, Ia Bukanlah Milik Institusi Indonesia Semata. Media Yang Bebas Dan Bertanggung Jawab Berpengaruh Positif Di Negara Manapun, Termasuk Di Negara Demokrasi Baru. Pers Bebas Penting Dalam Mewujudkan Pemerintahan Yang Stabil Dan Demokratis Seperti Yang Dimiliki Oleh Rakyat Indonesia.

Mendorong Kebebasan Pers Adalah Soal Mendorong Kebebasan Manusia. Rakyat Harus Melek Informasi Untuk Bisa Memainkan Peran Aktif Dalam Perpolitikan Di Negaranya. Bahkan Hal Yang Sederhana Sekalipun, Seperti Contohnya Mencoblos Dalam Pemilu Akan Menjadi Sulit Apabila Informasinya Kurang. Pers Bebas Menyampaikan Informasi Mengenai Para Pemimpin, Kebijakan Negara Lain, Dan Bahkan Praktek – Praktek Bisnis Perusahaan. Pers Bebas Berakar Pada Keyakinan Bahwa Pemahaman Yang Lengkap Dan Menyeluruh Soal Pemerintahan Di Dalam Negeri Dan Di Dunia Akan Membantu Rakyat Memilih Sendiri Institusi, Kebijakan, Dan Praktek – Praktek Yang Mempertahankan Serta Melindungi Hak – Hak Sipil Dasar Dan Hak Asasi Manusia.( Pemred )

print
(Visited 34 times, 1 visits today)

Shortlink: