Festival Wirakarya Kampung Kelir Zone 9 Dihadiri 1000 Pramuka

Probolinggo, BeritaTKP.Com  – Sedikitnya 1000 orang anggota pramuka penegak/pandega perwakilan dari Kabupaten/Kota Probolinggo dan Kabupaten/Kota Pasuruan meramaikan Festival Wirakarya Kampung Kelir Zone 9 di Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan, Senin hingga Kamis (1-4/5/2017) mendatang.

Festival Wirakarya Kampung Kelir Zone 9 ini dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Senin (1/5/2017) malam.

Pembukaan ini ditandai dengan penekanan tombol sirine dan pesta kembang api. Serta pelepasan 1.000 unit lampu lampion ke udara. Tak ayal, hiasan ratusan lampu lampion ini membuat suasana langit menjadi kelap kelip laksana bintang. Tampil juga beberapa kesenian tari dari 4 (empat) daerah peserta.

Hadir dalam pembukaan tersebut Wakil Ketua Bina Muda Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur Kak Hariyadi Purwantoro dan perwakilan Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Probolinggo, Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan. Serta jajaran pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka di Kabupaten Probolinggo.

Ketua panitia Kak Dwi Maulita Agustina mengungkapkan kegiatan ini dimaksudkan untuk mengembangkan potensi masyarakat agar bisa peduli lingkungan serta menanamkan jiwa gotong royong pada pramuka penegak dan pramuka pandega Jawa Timur.

“Tujuannya menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dan sehat, meningkatkan potensi wilayah yang dijadikan tempat kegiatan, pramuka penegak mampu menjadi patriot lingkungan di daerahnya masing-masing, mewujudkan sinergitas masyarakat dengan pramuka yang diwujudkan dalam karya bakti serta semakin tumbuh rasa tanggung jawab dan kesadaran terhadap lingkungan,” katanya.

Baca Juga :  Lagi, Pegawai BPN Surabaya II Jadi Tersangka Pungli

Menurut Lita, kegiatan ini diikuti oleh 400 peserta dari Kabupaten Probolinggo, 200 peserta dari Kota Probolinggo, 200 peserta dari Kabupaten Pasuruan dan 200 peserta dari Kota Pasuruan. Sehingga totalnya mencapai 1000 orang peserta.

“Selama 4 (empat) hari 3 (tiga) malam, ada beberapa kegiatan yang dilakukan meliputi bakti pengecatan, sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Malam Brawijaya serta Festival Kecerdasan,” terangnya.

Sementara Wabup Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko mengungkapkan Festival Wirakarya Kampung Kelir ini merupakan kegiatan inovatif gerakan pramuka karena disamping kegiatan bakti sosial berupa pengecatan 100 rumah, kegiatan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat dilakukan pula kegiatan prestasi kepramukaan.

“Adik-adik pramuka dari Kabupaten/Kota Probolinggo dan Pasuruan, di Desa Kalibuntu Kecamatan Kraksaan ini adik-adik berbuat, berbakti dan berkarya. Yakinlah yang adik-adik lakukan pasti bermanfaat dan Insya Allah akan selalu dikenang oleh masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut Wabup Timbul berharap kepada kepala desa, perangkat dan seluruh masyarakat dapat menerima adik-adik dengan jiwa kekeluargaan dan gotong royong, bersama menjadikan Desa Kalibuntu menjadi asri, bersih dan sejahtera. Kata akhirnya menjadikan Desa Kalibuntu sebagai destinasi wisata lokal di Jawa Timur.

Baca Juga :  Lestarikan Budaya Daerah Dengan Menggeelar Festival Pertura

“Semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, lancar dan sukses, guna membentuk pramuka yang berkarakter menyongsong masa depan yang lebih baik dan menjadikan pramuka bermanfaat, dicintai oleh masyarakat,” pungkasnya. @Ridwan

print
(Visited 24 times, 1 visits today)

Shortlink: