Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila ke-72

Surabaya, BeritaTKP.Com – Memperingati hari lahir Pancasila, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar Upacara Bendera yang bertempat di Halaman Taman Surya, Kamis (1/6). Bertindak selaku Inspektur Upacara, Wali Kota Surabaya. Tri Rismaharini.

Upacara diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Kepres Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2016 oleh Kapala Bagian Hukum Pemkot Surabaya, Ira Tursilowati.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Walikota, Presiden RI, Joko Widodo mengajak agar selalu meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan  hasil dari  satu  kesatuan  proses yang  dimulai  dengan  rumusan  Pancasila tanggal l Juni  1945 yang  dipidatokan  lr.  Sukarno,  Piagam  Jakarta tanggal  22  Juni 1945,  dan rumusan  final  Pancasila  tanggal  18 Agustus 1945. Adalah jiwa  besar para founding  fathers, para ulama  dan pejuang  kemerdekaan  dari  seluruh  pelosok  Nusantara sehingga  kita  bisa membangun kesepakatan  bangsa yang mempersatukan  kita.

Keberagaman adalah kodrat dari Bangsa Indonesia dan merupakan Takdir Tuhan bahwa Indonesia terdiri dari berbagai etnis dengan ragam budaya, adat istiadat, keyakinan serta kepercayaan. Keberagaman tersebut membentuk satu kesatuan, Bhinneka Tunggal Ika dan satu bangsa yakni Indonesia.

Baca Juga :  Penyebar Video Remaja Mesum Di Fittingrrom Jadi Buronan Polrestabes Surabaya

Presiden Jokowi juga mengajak semua golongan untuk selalu menanamkan nilai Pancasila dalam aktivitasnya dalam bermasyakarat, berbangsa dan bernegara serta selalu waspada terhadap ancaman pemahaman dan gerakan yang tidak sesuai dengan nilai Pancasila, UUD 1945, NKRI serta bhinneka tunggal ika.

Ditemui seusai upacara Walikota Risma mengatakan, ia merasa kagum akan ide dicetuskannya Pancasila. Hal tersebut merupakan sesuatu yang luar biasa dan jika didalami, makna Pancasila sangat koprehensif, integral dan mendasar

Walikota Risma mengajak agar dengan upacara ini dapat menjadi momentum untuk kita semua agar bersama saling bertoleransi dan bergotong royong serta lebih mendalami nilai serta sejarah Pancasila.

Upcara peringatan Hari Lahir Pacasila ini merupakan perdana sejak keluarnya Kepres Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni 2016. Nilai keberagaman juga cukup terasa dalam upacara tersebut, salah satunya adalah para petugas upacara yang terdiri dari berbagai etnis budaya. @wahyu

print
(Visited 24 times, 1 visits today)

Shortlink: