Kodam V/Brawijaya Menggelar Upacara Penataan Satuan

Penataan Satuan Kodam V Brawijaya (2)Malang, BeritaTkp.com – Kodam V/Brawijaya menggelar Upacara Penataan Satuan bertempat di lapangan Rampal Malang, Jum’at 3 Mei 2016. Upacara Penataan Satuan, yaitu Validasi Satuan Brigif 16/WY menjadi  Brigif Mekanis 16/WY, Perubahan nama Satuan Yonif 500/Raider menjadi Yonif Raider 500/Sikatan, Alih Komando dan pengendalian  Yonif 512/QY dari Korem 083/BDJ ke Brigif 16/WY dan Pengalihan Komando dan pengendalian Yonif 527/BY dari Brigif 16/WY ke Korem 083/BDJ, serta Validasi Satuan Yonif 512/QY menjadi Yonif Mekanis 512/QY,  Yonif 521/DY menjadi Yonif Mekanis 521/DY,  yang dipimpin Pangdam V/Brawijaya Mayjen Sumardi.

Yonif 511/DY yang semula berada dalam kendali Brigif 16/Wira Yudha akan beralih kodal dibawah Korem 081/Dhirot Saha Jaya. Selanjutnya untuk Yonif 516/CY yang semula di bawah Korem 084/Bhaskara Jaya akan beralih kodal di bawah Brigif 16/Wira Yudha.

Dalam amanatnya Pangdam menyampaikan bahwa Penataan satuan ini pada hakekatnya merupakan salah satu upaya untuk menjaga keseimbangan dan kesiapan operasional serta pembinaan organisasi TNI Angkatan Darat khusus Kodam V/Brawijaya, guna mewujudkan kemantapan dan kesiap-siagaan menuju postur Kodam V/Brawijaya sebagai satuan yang efektif dan efisien. Dengan adanya penataan diharapkan akan lebih memudahkan pengendalian, pengawasan dan koordinasi dalam pelaksanaan tugas serta mengoptimalkan fungsi Pembinaan Satuan menjadi satuan yang profesional dan handal.

Perubahan Brigif 16/Wira Yudha menjadi Brigif Mekanis 16/Wira Yudha tentunya membawa konsekuensi logis pada perubahan organisasi baik personil  maupun peralatannya, segera melakukan konsolidasi, menyesuaikan dengan rencana  latihan baik taktik dan teknis bertempur.

Baca Juga :  Babinsa Tandes Laksanakan Kegiatan Komsos Dengan Guru SMPN 25 Simomulyo Surabaya

Selanjutnya berkaitan dengan perubahan nama satuan, dari Yonif 500/Raider menjadi Yonif Raider 500/Sikatan, tentunya ini tidak terlepas dari sejarah, peran dan kiprah Yonif Raider 500/Sikatan sejak didirikan sampai dengan sekarang, yang telah menorehkan tinta emas keberhasilan dalam setiap misi yang di emban. Semoga dengan perubahan nama ini menjadikan Yonif Raider 500/Sikatan menjadi Batalyon Infanteri yang profesional dalam berbagai aspek.

Demikian juga dengan Alih Komando dan Pengendalian  Yonif 512/QY dari Korem 083/BDJ ke Brigif Mekanis 16/WY serta Pengalihan Komando dan Pengendalian Yonif 527/BY dari Brigif Mekanis 16/WY ke Korem 083/BDJ, tentunya juga sudah harus segera disesuaikan dengan tugas pokok masing-masing. Yonif 527/BY sebagai Batalyon dibawah satuan Teritorial yang mempunyai tugas pokok melaksanakan operasi militer untuk perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP), dalam mendukung tugas pokok Korem 083/Baladhika Jaya. Demikian juga dengan Yonif Mekanis 512/QY yang saat ini di bawah kendali Brigif Mekanis 16/WY harus segera menyesuaikan dengan program kerja yang direncanakan oleh, Brigif untuk mewujudkan kesiapan operasional dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok.

Untuk selanjutnya dengan adanya Validasi satuan dibawah Brigif Mekanis 16/WY, yaitu Yonif Mekanis 521/DY dan Yonif Mekanis 512/QY yang sebelumnya sebagai Yonif Reguler berubah menjadi Yonif  Mekanis, agar segera berlatih menyesuaikan dengan peralatan yang dipertanggung jawabkan, serta menguasai  taktik dan teknik bertempur yang berkaitan dengan tugas sebagai Yonif Mekanis.  Kepada Staf terkait segera laksanakan perencanaan dan penyesuaian berkaitan dengan kegiatan penataan satuan ini, utamanya dari aspek personil dan peralatan. Sehingga pada saatnya dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai program yang telah direncanakan.

Baca Juga :  Prajurit Korem 084/BJ Tingkatkan ProfesionalismeDengan Latihan Menembak Senjata Ringan

Guna memantapkan pelaksanaan tugas-tugas satuan yang semakin kompleks, maka pembinaan satuan harus menjadi prioritas yang utama. Tolok ukurnya adalah “Profesionalisme dan Kesiapan Operasional” satuan jajaran TNI Angkatan Darat khususnya Kodam V/Brawijaya.

Turut menghadiri dalam upacara ini adalah Danlanud Abul Rahman Saleh, Kasdiv 2/kostrad, Danrem jajaran Kodam V/Brw, dan Wakil Walikota Malang serta undangan lain dari instansi militer dan pemerintahan daerah. Usai pelaksanaan upacara Pangdam V/Brw menyempatkan diri untuk meninjau pelaksanaan rehab rumah dinas di dalam Mako Batalyon Mekanis 512/QY. (Yono)

print
(Visited 138 times, 1 visits today)

Shortlink: