Kunjungan Direktur Alasintan Ke Jember Adakan Pengecekkan Beras Bulog dan Pengolahan Lahan Pertanian

Kodim JemberJember, BeritaTKP. Com – Direktur Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Kementrian Pertanian RI  Suprapti pada Sabtu 11/06 Pukul 09.00 Wib tiba di Makodim 0824 Jember dan disambut oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0824 Mayor InfRobertus Ardha, Staf Bulog Divre Jember dan Staf Dinas Pertanian Kabupaten Jember. Selanjutnya rombongan langsung mengadakan pengecekkan kegudang Bulog di Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember, dan melihat kondisi beras yang ada digudang tersebut.

Suprapti sangat prihatin sekali dengan kondisi beras yang ada masih banyak bermenir, hal ini bisa jadi kurangnya pemakaian pupuk yang sudah ditentukan atau ada kendala lainnya. Pada Kesempatan tersebut Suprapti juga berharap agar petani mau menyetorkan padinya kepada Bulog. Namun, tetap jaga kualitasnya jangan sampai dibawah batas minimal sehingga berasnya bisa lebih baik dari yang kita lihat ini.

 Kunjungan berikutnya menuju ke Kelompok Tani Sumber Makmur Dsn Kejayan Kecamatan Mayang untuk melihat proses pengolahan lahan yang sedang membajak dengan sisa lahan seluas 1 ha, sesuai laporan PPL Ds Kejayan bahwa luas tanam pada minggu ini mencapai 30 Hadari 7 kelompok tani dan 231 Ha luas lahan pertanian  di Ds Kejayanini. Selanjutnya PPL di damping Babinsa Sertu Rusdiyanto juga menyampaikan bahwa di Kecamatan Mayang ini sementara ini gangguan tanaman yang dialami yaitu organisme, untuk itu mohon dapatnya bantuan hand dryer, minimal masing-masing kelompok tani punya 2 set.

Baca Juga :  Bamin Komsos Koramil 0811/09 Jatirogo Berikan Wawasan Kebangsaan Kepada Peserta Diklatsar Banser

 Kunjungan selanjutnya menuju lokasi panen di Kelompok Tani Tegal Makmur Desa Mayang Kecamatan Mayang, disana disambut Ketua Kelompok Tani Sdr Khusen dan anggotanya. Usai berdialog secara singkat dengan Pok Tani Tegal Makmur saat kami wawancarai  menyampaikan bahwa untuk Kabupaten Jember pencapaian target luas tanam sudah mampu dikerjakan secara maksimal. Namun, percepatan – percepatan seperti ini hendaknya lebih dimaksimalkan, sehingga semakin sedikit waktu terbuang.

 Lebih Lanjut Suprapti Berharap, agar petani mau bercocok tanam secara serempak sehingga memudahkan percepatan dengan menggunakan tehnologi pertanian yang sarananya sudah kita sediakan di kodim 0824 Jember.Terkait dengan beberapa atensi dari Direktur Alsintan tersebut Kepala Staf Kodim 0824 Jember Mayor Inf Robertus Ardhasaat kami konfirmasi secara terpisah menyampaikan bahwa kita akan optimalkan lagi upaya – upaya yang telah kita lakukan untuk program swasembada pangan ini. Memang tidak mudah mengarahkan masyarakat, memberikan sosialisasi agar tanam serempak. Namun, bagaimanapun melalui Babinsa nanti akan kita sampaikan, disamping memudahkan penggunaan tehnologi tentunya akan memudahkan perawatan tanamannya.( Yono )

print
(Visited 21 times, 1 visits today)

Shortlink: