Giliran Sopir Angkutan Blitar Dites Kesehatan dan Urine

Blitar, BeritaTKP.Com – Menyambut bulan suci ramadhan sekaligus menjelang hari raya idul fitri dimana masyarakat merayakan dengan mudik dan sering menggunakan kendaraan umum Petugas gabungan dari Satlantas Polres Blitar Kota, BNNK Blitar, dan Kemenhub menggelar tes urine dan tes kesehatan bagi para awak bus di Terminal Patria.

Tes kesehatan dan tes urine yang diadakan pada Jum’at 16/6/2017 ditujukan bagi awak bus ini sebagai bentuk antisipasi menekan kecelakaan menjelang angkutan Lebaran 2017.

Kasat Lantas Polres Blitar Kota, AKP Rizky Triputra  menjelaskan Para supir bus dicek kesehatannya, mulai tensi, gula darah, dan kolesterol. Selain itu, mereka juga diminta mengikuti tes urine. Dari hasil pemeriksaan sementara, rata-rata tensi dan kolesterol para awak bus lumayan tinggi. Ia juga menjelaskan Ada 30-an sopir dan awak bus yang kami periksa kesehatannya. Rata-rata kolesterol dan tensi darah mereka tinggi. Kalau hasil tes urine sejauh ini masih negatif

Ia juga menambahkan para sopir yang memiliki tensi dan kolesterol tinggi berbahaya saat mengemudikan kendaraan. Banyak kasus kecelakaan angkutan umum yang faktor penyebabnya kesehatan sopir bermasalah dan apabila tensinya tinggi, mereka bisa pusing sewaktu-waktu. Itu berbahaya kalau pas mengemudi, bisa menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga :  Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro mengadakan Kegiatan Sosialisasi Program Imunisasi Dan PTM

Salah satu contoh, Seorang sopir Bus Bagong, Slamet, mengatakan sudah mengikuti cek kesehatan dan tes urine. Dari hasil cek kesehatan, tensi darahnya cenderung normal 120. Tetapi, ia mengalami obesitas dari hasil cek kesehatan. Berat badannya 80 kilogram tidak seimbang dengan tingginya yang hanya 165 sentimeter atas dasar tersebut akhirnyaia disarankan untuk diet.

Ia mengimbuhkan bahwa tes kesehatan semacam ini akan secara kontinyu dilaksanakan di beberapa terminal baik di kota atau kab Blitar, jelang hingga pasca Lebaran. Upaya ini dilakukan untuk mengeliminir angka kecelakaan lalu lintas bagi pemudik yang menggunakan moda transportasi umum, terutama yang melalui jalur darat. @ridwan

print
(Visited 10 times, 1 visits today)

Shortlink: