Dua Warga Pamatan Nekat Curi Sarang Lebah Demi Kebutuhan Lebaran

Probolinggo, BeritaTKP.Com –   Hermawanto (25) warga Desa Sanganom, Kecamatan Nguling Pasuruan dan Surahmad Efendi (27) warga Desa Negoro Rejo, Kecamatan Lumbang, mengaku aksinya tersebut didesak kebutuhan lebaran. Dua pria kepergok mencuri sarang madu lebah milik peternak lebah di Desa Pamatan, Kecamatan Tongas, Probolinggo. Mereka berdua beraksi dengan dua teman lainnya, yang kini buron.

Hermawanto dan Surahmad Efendi, yang sempat dimassa warga bisa diselamatkan dan digelandang ke Polresta Probolinggo. Sedangkan dua pelaku utama WR, warga Lumbang dan SP warga Desa Pamatan berhasil melarikan diri. Saat itu Hermawanto bertindak sebagai pengawas situasi di TKP, sedangkan Surahmad Efendi, bertindak sebagai sopir pikap. Tertangkapnya tersangka ini, pada saat hendak membawa lari puluhan sarang lebah menggunakan pikap, hingga akhirnya berhasil kepergok warga.

Kapolresta Probolinggo AKBP Alfan Nurrizal mengaku setiap sarang lebah yang berisi madu siap panen senilai Rp 1 juta. Dan diperkirakan korban peternak mengalami kerugian hingga Rp 35 juta, Korban banyak mengalami kerugian. Sarang lebah yang berada di hutan itu bukan tanpa pemilik, akan tetapi ada pemiliknya. Dua pelaku lainnya masih di buru keberadaannya.

Baca Juga :  Pesta Sabu Di Jaga Ketat Tiga Ekor Anjing

Menurut Hermawanto, dirinya tidak tahu jika mengambil sarang lebah di sekitar hutan adalah mencuri. “Kami tidak tahu kalau itu ada yang punya atau dilarang. Saya kira karena di hutan dan tidak ada pemilikmya, ya saya ambil,” tandas Hermanto dan kini polisi masih memburu dua pelaku utama. Sedangkan dua lainnya mempertanggungjawabkan perbuatannya dan harus berlebaran di balik jeruji. @ridwan

print
(Visited 36 times, 1 visits today)

Shortlink: