Wisatawan ke Banyuwangi Naik Ratusan Persen

Banyuwangi, BeritaTKP.Com – Libur Lebaran sepekan lalu, kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi melonjak pesat hingga mencapai ratusan persen.

Demikian pula tingkat okupansi hotel meningkat hingga mencapai lebih dari 90 persen.Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas berterima kasih kepada wisatawan yang telah berkunjung ke daerahnya. “Semogamenyenangkan. Mohon maaf jika masih ada kekurangan. Insya Allahkami terus berbenah,” ujar Anas.Anas mengatakan, ucapan terima kasih wajib disampaikan ke wisatawan, karena mereka ikut mendorong ekonomi daerah.

“Alhamdulillah, berkat pengembangan wisata yang juga diiringi dengan kinerja pertanian dan UMKM, perekonomian kami terus tumbuh, pendapatan per kapita warga naik, kemiskinan turun,” ujarnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, MY Bramuda, menambahkan, destinasi yang banyak dikunjungi wisatawan antara lain Kawah Ijen, Bangsring Underwater, Pulau Merah, Taman Nasional Alas Purwo, Teluk Hijau, Grand Watu Dodol, dan hutan pinus Songgon.

Meningkatnya arus wisatawan ke Banyuwangi tidak hanya didominasi para pemudik saja. Wisatawan yang sengaja datang berlibur ke Banyuwangi juga cukup banyak. Ini terlihat dari melonjaknya tingkat hunian penginapan di Banyuwangi.“Ada hampir 4.000 kamar hotel di Banyuwangi. Saat libur Lebaran ini,okupansi hotel di atas 90 persen, bahkan tak sedikit yang 100 persen.

Baca Juga :  Kadishub dan Kadis Cipta Karya Di Periksa Kejaksaan Atas Kasus Marvell City

Homestay juga cukup laris,”jelas Bramuda.Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banyuwangi, Zaenal Muttaqin menambahkan, lonjakan hunian terjadi mulai H – 4 hingga melonjaknaik pada H+5 Lebaran.Di sejumlah destinasi, seperti Bangsring Underwater, jumlah pengunjung naik 500-600 persen.

“Selama libur Lebaran, tiap harinya kami dikunjungi 6.000 wisatawan. Bahkan pada Lebaran hari ketiga, mencapai 7.500 wisatawan. Pada hari normal, biasanya 1.000 wisatawan yang datang,” ujar Ikhwan Arief, pengelola lokasi wisata tersebut.Bangsring Underwater menjadi salah satu destinasi favorit karena tempat tersebut merupakan kawasan konservasi bahari.

Seperti yang dituturkan wisatawan asal Jakarta, Endah Retno Wulan.”Saya penasaran dengan lokasi ini setelah mendengar bagaimana nelayan setempat melakukan konservasi terumbu karang dari yang semula mereka suka ngebomikan,” tutur Endah yang sengaja ke Banyuwangi untuk berlibur bersama keluarga.

Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, dan Hutan Pohon Pinus Songgon juga menjadi jujugan favorit wisatawan. Catatan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyebutkan, Kawah Ijen dikunjungi sekitar 2.000 wisatawanper hari, Pulau Merah 4.000 pengunjung per hari, dan hutan pinus Songgon 5.000 orang per hari. Rata-rata pada hari biasa, destinasi tersebut dikunjungi 1.000wisatawan per hari. @aji

print
(Visited 15 times, 1 visits today)

Shortlink: