Pemerintah Kota Surabaya Gelar Festival Tari Remo dan Yosakoi Dalam Peringatan Sister City

Surabaya, BeritaTKP.Com  – Sejak terjalinnya hubungan Sister City Kochi dan Surabaya pada 17 April 1997, kedua kota terus berupaya meningkatkan kerjasama. Salah satunya pertukaran budaya seperti festival Yosakoi. Mulai tahun 2003 “Festival Yosakoi Surabaya” diselenggarakan atas kerjasama kota Surabaya, kota Kochi dan Konsulat Jendral Jepang di Surabaya.

Pada hari ini, Minggu (9/7) Pemerintah Kota Surabaya menggelar Festival Tari Remo dan Yosakoi 2017 untuk memperingati Sister City yang telah berjalan selama 20 tahun. Acara Festival Tari Remo dan Yosakoi 2017 dibuka dengan penampilan 100 penari remo cilik dari SD di se-Surabaya dan tari Yosakoi dari kota Kochi.  Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

“Saya merasa senang sekali karena kota Surabaya dan kota Kochi mampu menjalin kerjasama selama 20 tahun. Pemerintah kota dan masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan saudara kita dari kota Kochi. Perlu saya sampaikan kepada rombongan Kochi bahwa di kota Surabaya ini banyak sekolah di sini yang memiliki tari Yosakoi. Begitu juga dengan beberapa perguruan tinggi. Maka dari itu sekali lagi saya ucapkan selamat datang bagi rombongan kota Kochi. Saya berharap anda bisa menjadikan Kota Surabaya sebagai rumah kedua. Terima kasih”.

Baca Juga :  Disinyalir Terjadi Karena Ada Penggelapan Pamong Blok , Realisasi PBB Kabupaten Blitar Belum Penuhi Target

Setelah sambutan dari Walikota Surabaya, kemudian dilanjutkan dengan pemberian sambutan dari Walikota Kochi “Kami telah bekerjasama sejak 2003 dalam peningkatan Jepang Asean sejak saat itu tari Yosakoi di peringati setiap tahun di Surabaya. Kalau di Jepang Festival Yosakoi digelar pada tanggal 9-12 agustus dan banyak sekali wusatawan yang hadir. Dan semoga masyarakat bisa menikmati budaya kota Kochi di Surabaya”.

Pada peringatan hubungan sister city  Kochi-Surabaya ke-20 sekarang ini, Walikota Kochi beserta rombongan 48 orang berkunjung ke Surabaya, selain menjadi juri dalam Festival Yosakoi Surabaya ke-15 juga menggekar workshop tari Yosakoi dan stand pariwisata untuk memperkenalkan kota Kochi.

Festival Tari Remo dan Yosakoi kali ini menampilkan sebanyak 32 peserta yang terdiri dari anak-anak hingga dewasa. Penilaian juri dilihat berdasarkan keindahan tarian dan kostum. @red

print
(Visited 24 times, 1 visits today)

Shortlink: