Satroni Toko, Satu Komplotan Tertangkap

Situbondo, BeritaTKP.Com – Budi Hartono (30), Salah seorang kawanan pelaku pencurian asal Jember babak belur dihajar massa, pelaku ditangkap warga tak lama setelah melancarkan aksi di toko, Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan.

Pada saat itu Sepeda motor Honda Vario yang dikendarai pelaku berhasil dihentikan massa di jalan Desa Selowogo, Kecamatan Bungatan. Warga yang marah banyak yang menghadiahinya dengan bogem mentah. Beruntung, sebelum kondisinya lebih parah, aparat kepolisian segera datang mengamankan pelaku ke Mapolsek Bungatan, sebelum akhirnya diserahkan ke Mapolsek Mlandingan.

Saat bersamaan, dua rekan Budi berhasil meloloskan diri. Usai menaruh sepeda motornya di tepi jalan, keduanya lantas kabur ke arah hutan di Desa Selowogo. Hingga kini, dua pelaku yang konon juga berasal dari Jember itu masih dalam pengejaran.

Aksi pencurian tiga kawanan pelaku itu terbilang cukup berani. Selain dilakukan siang bolong tadi, mereka melancarkan aksinya di tempat ramai, dengan sasaran toko milik Hj Azizah (45), di dekat pasar Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan. Saat beraksi, tiga kawanan pelaku itu berbagi peran. Budi Hartono konon bertugas menjalankan eksekusi dengan modus berpura-pura jadi pembeli toko. Sementara dua rekannya berperan mengawasi keadaan di luar toko.

Baca Juga :  Jual Satwa Lindung Warga Kediri Diciduk Polisi

Beruntung, saat kawanan pelaku berusaha kabur si pemilik toko segera tahu kalau uangnya dicuri. Sontak, Hj azizah langsung berteriak-teriak maling. Warga yang mendengar teriakan itu langsung melakukan pengejaran, hingga seorang pelaku berhasil ditangkap.

Sementara itu Budi Hartono pelaku pencurian yang tertangkap mengaku di depan polisi “Saya ini diajak No (rekan pelaku, red), pak. Saya disuruh beli rak, tidak tahunya waktu saya beli itu dia masuk ke toko dan mengambil uangnya. Kalau uang yang di tas itu uang saya sendiri. Saya disuruh ibu mengembalikan uang itu ke paman di Situbondo. Kapan hari ibu saya pinjam untuk hajatan. Itu ada catatan rinciannya,” elak Budi.

Dari tangan pelaku, polisi menyita sebuah tas berisi sejumlah uang diduga hasil curian. Selain itu, dua unit sepeda motor yang digunakan kawanan pelaku juga ikut diamankan untuk barang bukti. @NurCholis

print
(Visited 11 times, 1 visits today)

Shortlink: