Disnaker Lindungi Perusahaan Distributor Bobrok PT. Thong Group

Surabaya,BeritaTKP.Com – Sangat disayangkan,ternyata  masih banyak di instansi pemerintahan kota Surabaya maupun Provinsi Jawa timur kinerjanya tidak Profesional dan kurang optimal tak sesuai dengan motto pelayanan nya. terutama di Disnaker pemkot Surabaya dan Provinsi Jatim.yang notabene sebagai pengayom payung hukum dan menyelesaikan persoalan ketenagakerjaan sesuai dengan tupoksi instansi dinas ketenagakerjaan, sering kali masyarakat kecewa dengan kinerja pelayanan dari disnaker Kota Surabaya maupun disnaker Provinsi Jatim.

Betapa tidak.menurut hasil dari penelusuran dan pantauan tim BeritaTKP. ke disnaker kota maupun disnaker Provinsi acap kali dalam pelayanan kedua instansi tersebut. mengundang rasa cemas dan keluh kesah pada pengaduan dan pelayanan pihak korban baik secara comunitas seperti: SBSI,SPSI,SPN dll.maupun perorangan.yang berjuang dan memerlukan dukungan dengan pihak disnaker untuk menjadi pelindung, pengayom pada karyawan/karyawati yang selama ini di dzolimi oleh perusahaan nya tidak pernah mendapatkan keadilan dan kesejateraan nya semasa mereka bekerja di perusahaan nya masing-masing untuk melakukan tuntutan Normatif baik masalah upah maupun pesangon dengan pegaduan yang melibatkan disnaker belum mendapatkan respon yang positif maupun tindak lanjut yang signifikan seakan – akan pihak disnaker setengah hati dalam menangani kasus ketenagakerjaan dan di duga ada indikasi main mata dengan pihak pengusaha .

Ironisnya,ketika tim BeritaTKP sendiri ikut merasakan dalam pelayanan pengaduan pada badan pengawas Disnaker kota maupun provinsi untuk pengaduan masalah PT.Thong group yang mengenai banyak hal kasusnya.bahwa dimata instansi pemerintahan,program BPJS ,hukum dan peraturan perusahaan,PT.Thong Group sudah termasuk cacat hukum. yang tidak bisa ditoleransi lagi oleh pihak manapun dan sudah menjadi incaran pihak instansi manapun termasuk kepolisian dan kejaksaan.

Namun,dalam penanganan kasus PT.Thong group. terutama Disnaker pemprov Jatim sangat”Melempem”dan dalam survey tim investigasi terkait konfirmasi tentang tindak lanjut laporan pengaduan kepada badan pengawas Disnaker pemprov, awak media selalu di pimpong dan saling lempar tanggung jawab antara badan pengawas dan Korwil. juga seakan- akan laporan dan beserta data bukti yang jadi bahan laporan tim BeritaTKP, menjadi “Mangkrak” di meja Kabid pengawas. Saat tim beberapa kali ditemui oleh Amin kum, selaku Kabid badan pengawas disnaker pemprov Jatim selalu tidak ada diruangan,tak hanya itu Hamzah pria 50th, selaku korwil audit lapangan saat di konfirmasi tim selalu berbelit tidak bisa memberi jawaban yang obyektif .dan mempimpong tim BeritaTKP untuk kembali tanyakan ke  kabid pengawas “kami hanya tunggu perintah mas” ujar hamzah.

Baca Juga :  Kasus Penyekapan dan Penganiayaan Sopir, Pengurus Taxi Permata Akan di Laporkan Polda Jatim

Dan yang jelas laporan sudah diterima Ellen salah satu selaku regu korwil audit.saat di kejar sampai dimana data tersebut di proses ternyata “mangkrak “di meja korwil 1.disnaker pemprov Jatim itupun masih diarah kan.tim BeritaTKP kembali ke badan pengawas.dan tim kembali ke ruang staf salah satu badan pengawas Disnaker ketika itu tim menjumpai Bu.Titik  45th, staf pengawas dan saat di Konfirmasi oleh tim BeritaTKP  menjelaskan “sebelumnya kami minta maaf mas dan kami bekerja sesuai tupoksi kami,dan berkas itu dari BeritaTKP sudah benar benar saya limpahkan ke pihak pengawas dan korwil” papar,Bu.Titik pada tim

Dari itulah tim TKP mungkin juga Comunitas pejuang kaum buruh dan pekerja menilai bahwa badan pengawas Disnaker pemprov Jatim mencerminkan kinerjanya yang tidak profesional dan tidak cekatan dimata masyarakat pada umumnya.

Tak hanya itu,sama hal nya dengan Disnaker kota surabaya. Yang bobrok dan lemot dalam kinerjanya selalu dalam pelayanan pengaduan selalu molor dalam proses penanganan.kembali tak seimbang dengan motto layanan pengaduan nya.dan menciptakan innovasi yang beresiko.seperti halnya kasus PT.Thong group yang terkenal cacat hukum dan mendzolimi karyawan nya yang sempat mengadu dan mengikuti beberapa kali sidang mediasi Tripatid yang tak ada titik temunya dan belum usai juga proses pelaksanaan nya sidang Pemutusan Hubungan Industri (PHI).

Namun,dari rentetan kasus tersebut malah pihak Disnaker kota Surabaya menciptakan innovasi baru dengan adanya dugaan indikasi berbalik membantu pihak PT.Thong group.secara diam-diam membikinkan surat atau buku pedoman (PP) peraturan perusahaan yang wajib dimiliki perusahaan manapun dikala awal berdirinya perusahaan tersebut sebelum operasional perusahaan dimulai untuk melengkapi legalitas sesuai prosedur yang berlaku dan menurut (SK) Gubenur.

Anehnya,pihak Disnaker kota Surabaya yang mulanya tidak tau sejarah riwayat berdirinya PT.Thong group.yang selama ini di unggulkan oleh PT.Eglin pharma “Cap Lang” untuk menjadi distributor tunggal di jatim dalam penjualan produk “Cap Lang” disnaker kota surabaya malah berani ambil resiko dengan menerbitkan (PP) per tgl.30 mei 2017.setelah kasus PT.Thong group dimuat pemberitaan berseri oleh berita TKP beberapa bulan yang lalu.dan jelas dugaan adanya indikasi antara Disnaker kota surabaya juga pemprov Jatim telah “Kongkalikong” dengan PT.Thong group.malahan pihak rivalnya PT.Thong group mantan karyawan nya.sebagai korban sdr,iksan pria 41th warga Gresik.merasa tidak mendapat perlindungan dari pihak disnaker yang layak dan semestinya sebagai pengayom kaum,buruh dan pekerja bukan sebaliknya berbalik arah.

Baca Juga :  Perjudian Burung Merpati Karang Asem Marak, Penegak Hukum Setempat Diam Saja

Bermain petak umpet,dan berlakukan jam karet.itu yang dilakukan pihak Disnaker kota Surabaya.ketika di konfirmasi dan dimintai pertanganggu jawaban nya oleh tim TKP dan perwakilan dari SPN juga LSM Saburmusi.mengenai penerbitan (PP) peraturan perusahaan sebagai pedoman sesuai aturan yang tercantum UU.RI no.13 th 2003.dan juga sesuai (SK) Gubenur jatim.tentang ketenagakerjaan.untuk segera dicabut dr PT.Thong group.pihak Kasie Tripatid Disnaker kota Surabaya.Kasmadi di dampingi 2,staffnya saat dikonfirmasi tim selalu beralasan”saya koordinasi dulu dengan pak, kadis mas dan saya berterima kasih uda di ingatkan”Terangnya,pada tim.

Di lain tempat salah satu tim Tkp menjelang jam istirahat.menemui Kadis.Disnaker kota Surabaya Dwi Purnomo beberapa minggu yang lalu.dengan di konfirmasi tim.Kadis.dwi P.memberi jawaban singkat “diurus aja dengan p.kasmadi mas” cetus dwi,pada tim.dengan nada seakan seperti cuci tangan dan tidak tau menahu kasus PT. Thong tersebut. Yang jelas dugaan adanya indikasi.bahwa pada waktu (PP) untuk PT.Thong group diterbitkan tidak menutup kemungkinan pasti ada rekomondasi dari. KA.Disnaker kota Surabaya.

Pelayanan instansi seperti Ini adalah sebagai (PR) untuk walikota surabaya dan Gubenur jatim juga.memberikan arahan kepada kepala dinas beserta jajaran nya.untuk motivasi kedepan nya lebih baik dan bertindak adil dalam pelayanan pengaduan untuk masyarakat terutama.bukan tebang pilih yang ditonjolkan instansi pemerintahan.@Dedy.

print
(Visited 149 times, 1 visits today)

Shortlink: