Dilakukan Pengecoran, Mulai Agustus Jalan Kalianak Ditutup

Surabaya, BeritaTKP.Com – Permasalahan kondisi jalan rusak di surabaya kini hampir terselesaikan tak terkecuali jalan yang berada di daerah surabaya utara yakni jalan kalianak, jalan yang menjadi langganan tiap tahun pasti banjir dan rusak ini beberapa kali di perbaiki , tak hanya di menambal di bagian jalan yang berlubang, namun pengaspalan merata di jalan kalianak ini juga sering di lakukan.

Meski sudah ada tindak perbaikan dari dinas terkait, namun belum lama perbaikan jalan tersebut dilakukan, lagi lagi kondisi jalan tersebut rusak kembali, mengingat bahwa jalan kalianak ini adalah jalan yang sering dilewati oleh kendaraan besar dan bermuatan berat.

Setelah beberapa bulan lalu telah dilakukan pengaspalan secara merata di sepanjang jalan kalianak, kini jalan tersebut tak lagi berlubang bahkan setelah di berlakuakan buka tutup jalan untuk mobil berukuran besar jalan ini jarang terjadi kemacetan.

Dan kini ada kabar menggembirakan lagi, dimana wacana pemerintah untuk melakukan pengecoran terhadap jalan tersebut akan ter realisasikan, menurut informasi pada tanggal 1 agustus 2017 mendatang jalan tersebut mulai di tutup untuk dilakukan pengecoran.

Ketua Organda Tanjung Perak Surabaya, Kody Lamahayu Freddy merasa belum ada solusi yang tepat untuk para pengendara, “Tidak ada solusi dari permasalahan ini, bilangnya (semua kendaraan) suruh lewat jalan tikus, mana bisa kontainer lewat situ,” terang Kody.

Dari organda sendiri, Kody sangat setuju jalan Kalianak segera dicor agar punya daya tahan jalan mencapai usia puluhan tahun. Namun dia berharap warga disana mendapatkan solusi yang tepat. “Tapi tolong dong pikirkan tentang penduduk setempat disana, sosialisasinya kurang, pasti macet disana nanti, kalau mereka (penyelenggara) bilang tidak ya silahkan,” lanjutnya.

Baca Juga :  Koramil 0831/05 Rungkut Mlaku Bareng Wong PGRI Rungkut.

Sementara itu Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) VIII segera melanjutkan pembangunan Jalan Kalianak yang sempat tertunda akibat hujan. Rencananya, 1 Agustus mendatang pembangunan drainase dan rigid mulai dikerjakan.

Kepala Satuan Kerja Wilayah Metropolitan I Surabaya BBPJN VIII Yudi Windargo mengatakan, setelah sempat tertunda karena masih turunnya hujan April dan lebaran pada Juni lalu, 1 Agustus nanti pengerjaan Jalan Kalianak dimulai kembali. “Kami sudah mengkoordinasikan dengan stakeholder terkait, tentang pelaksanaan waktunya berapa lama, manajemen lalu lintasnya seperti apa,” ujar Yudi.

Ia juga menjelaskan bahwa pembangunan ini nantinya, dilakukan selama kurang lebih satu bulan. Selama itu, ada peralihan dan penutupan arus secara bergantian. Dimana kendaraan dari arah Surabaya ditutup lebih dahulu. Begitu juga sebaliknya, setelah selesai pengerjaan sisi selatan jalan, arus dari Gresik ditutup. Kendaraan bisa melewati jalan tol, kemudian turun di Dupak.

“Kecuali kendaraan kecil dan sepeda motor masih dapat melintas. Sedangkan kendaraan berat yang mau ke gudang di sisi utara masih bisa masuk. Tapi yang sisi Kalianak 55 di-stop tidak bisa masuk hingga pengerjaan selesai,” paparnya.

Dari lima jalur yang ada, BBPJN VIII memperbaiki tiga lajur sisi Selatan dahulu. Karena itu, pihak kepolisian memberikan diskresi pengerjaan diperbolehkan mulai pukul 19.00 hingga 07.00. Dengan estimasi selesai selama 15 hari. Dan dilanjutkan sisi utara sampai waktu yang sama. “Kalau biasa pengerjaan pukul 22.00 hingga 05.00. Ada diskresi dari kepolisian karena lajur tidak ditutup total,” terangnya.

Baca Juga :  Sidang Paripurna Perubahan APBD 2017 Tetap Jalan Meski Ada Anggota DPRD Yang Diperiksa KPK

Terpisah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK-24) Metro BPJN VIII Herlambang Zulfikar menambahkan, target pengerjaan jalan dengan pengecoran sepanjang 200 meter. Untuk rekonstruksi tahap pertama dimulai di lajur kiri arah ke Gresik mulai dari 180 meter sehabis Jembatan Kalianak ke arah Gresik. Maka dari itu, seluruh kendaraan angkutan truk dan roda empat tidak boleh melintas di Jalan Kalianak.

Oleh karenanya, pihaknya akan menyiapkan banner informasi penutupan jalan untuk truk ini dua hari sebelum dimulainya pengecoran. “Kami akan sosialisasikan nanti,” pungkas Herlambang. @jep

print
(Visited 61 times, 1 visits today)

Shortlink: