Jelang Hari Raya Idul Adha, Harga Sapi di Blitar Turun

Blitar, BeritaTKP.Com – Menjelang hari raya idul adha, harga sapi di kota blitar turun halini dikarenakan banyaknya stok sapi di dalam kota, sementara jumlah pembelian menurun. Contohnya di Pasar Sapi Dimoro Kota Blitar, sebelumnya harga daging sapi hidup, di kisaran Rp 44 ribu/kg, saat ini justru turun di harga Rp 42 ribu/kg. Sedangkan harga jual per ekor, rata-rata turun sampai Rp 1 juta/ekornya.

Padahal harga semebumnya untuk sapi betina umur 3 bulan bisa mencapai Rp 5 juta per ekor. Sedangkan Sapi jantan mencapai harga Rp 6 juta per ekor. Sementara untuk sapi umur 3 tahun dengan berat 1 ton, harga bisa sampai Rp 40 juta per ekor.

Dalam hal ini Seorang penjual sapi di Pasar Dimoro, Eko Prasetyo (37) mengatakan penjualan sapi menurun sejak awal bulan ini dan Jika pada hari pasaran, yakni Legi dan Pahing penjualan sapi di pasar ini bisa mencapai 100 ekor per hari. Sejak bulan ini turun, hanya 70 ekor penjualan .

“Mulai Agustus ini justru turun. Mungkin orang yang mau kurban sudah membeli sejak tiga bulan lalu. Jadi harganya juga ikut turun, Soalnya tiga bulan lalu itu malah naik penjualan sapi. Di hari pasaran itu bisa sampai 130 ekor sapi per hari,” ujarnya.

Baca Juga :  Jaringan 4G Telkomsel Mulai Masuk di Kaki Semeru

Selain itu ia juga menjelaskan bahwa Sapi yang dijual di Pasar Dimoro ini kebanyakan sapi jenis simmental dan limousin. Sapi-sapi ini hasil pengembang biakan peternak dari Blitar. Tak ada sapi dari luar daerah yang dijual di pasar ini. Selain kebijakan Pemkot Blitar menolak sapi dari luar daerah, para peternak di Blitar lebih suka menjual ternaknya di Pasar Dimoro. Proses transaksi sapi di pasar ini, selain dengan sistem timbangan daging Sapi hidup, juga ada yang masih memakai transaksi per ekor.

Sementara itu  Kepala Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di bawah Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar, Drh Dewi Masitoh, menyarankan untuk membeli sapi dengan sistem timbangan. “Lebih jujur ya, calon pembeli bisa mengetahui langsung berapa berat sapi yang akan dibelinya. Jadi dalam menentukan harga itu lebih tepat. Istilahnya orang Jawa, tidak keblobok, apalagi untuk orang awam,” jelas Dewi Masitoh.

Selain itu Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Blitar sendiri, menetapkan range harga jual daging sapi hidup dalam tiga kategori. Pertama, sapi dengan berat di atas 700 kg, harga jual daging sapi hidup antara Rp 45-46 ribu/kg. Untuk sapi dengan berat 500-600/kg, harga daging hidupnya antara Rp 44 – 45 ribu per kg. Sedangkan sapi dengan berat di bawah 500 kg, harga daging sapi hidupnya antara Rp 42-Rp 43 ribu/kg. @erwin/frins

Baca Juga :  Jalan Kalianak Bak Kolam Di Jalur Tengkorak, Perbaikan Jalan Hanya Wacana?

print
(Visited 17 times, 1 visits today)

Shortlink: