Antusiasme Peserta Job Fair 2017 Di Blitar

Blitar, BeritaTKP.Com – Ratusan calon pencari kerja dari Kota maupun Kabupaten Blitar berbondong-bondong mendatangi Gedung Serbaguna Pemkab Blitar untuk melamar pekerjaan,melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar mengelar acara Bursa kerja atau Job Fair pada Kamis 14/9  yang berlangsung di Gedung Serbaguna Pemkab Blitar. Hal ini membuka peluang bagi mereka yang lulusan SMA,SMK maupun yang belum mendapatkan pekerjaan. Bursa Kerja atau Job Fair ini diikuti sebanyak 40 perusahaan dari dalam kota maupun luar kota, perusahaan Industry, Perbankan maupun Perdagangan.

Terlihat ratusan pencari kerja dari Kota maupun Kabupaten datang untuk melihat perusahaan yang cocok bagi pencari kerja.  Dari sini Pemerintah Daerah membantu menanggulangi pengangguran melalui perluasan kerja. Pameran Kesempatan kerja merupakan sarana untuk menjembatani antara pencari kerja dengan pengguna kerja . Artinya memberikan pelayanan kepada pada pencari kerja untuk memperoleh informasi lowongan pekerjaan sesuai dengan bakat,minat keahlian dan ketrampilannya.

Pembukaan pameran kesempatan kerja atau Job Fair di Buka oleh  Drs. MIFTACHUDDIN, MM Asisten Ekonomi dan Pembangunan yang mewakili Bupati Blitar, Ketua Komisi IV DPRD,Kepala OPD Kabupaten Blitar dan Wakil Perusahaan yang mengikuti JOB Fair 2017. Pada kesempatan ini Bupati Blitar tidak dapat hadir dikarenakan ada keperluan dinas.

Saat dikonfirmasi  Yudi Priyono, Kepala Bidang Penempatan dan Pelatihan Produktivitas , Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Blitar mengatakan Job fair atau pameran kesempatan kerja ini   adalah untuk mempertemukan tenaga/pencari kerja  dengan perusahaan.

Baca Juga :  Polda Jatim Siapkan 630 Personil Untuk Amankan Hari Raya Idul Adha

Sehingga pekerja ini sesuai minat dan ketrampilannya sedangkan perusahaan bisa mengunakan sesuai apa yang dibutuhkan. Semua ini  sesuai visi-misi Bupati Blitar dalam rangka mewujudkan kabupaten blitar yang sejahtera maju dan mampu berdaya saing. Yang diprogramkan dengan memperluas kesempatan kerja serta pembina dan menumbuh kembangkan jiwa kebangsaan dengan kegiatan JOB FAIR 2017,”ujarnya.

Pada acara JOB FAIR Kabupaten Blitar ada 40 Perusahaan yang mengikuti,tapi masih ada perusahaan yang ingin mengikuti acara ini.  Tujuan Job Fair tahun ini mempertemukan antara pencari kerja dan pengguna kerja atau perusahaan. Semua ini sebagai wadah media untuk menjembatani pencari kerja dan perusahaan  mencari karyawan yang akan bekerja . Banyak informasi-informasi pasar kerja bagi para pengangguran yang belum mendapatkan pekerjaan. Dengan adanya JOB FAIR ini dapat tertampung bagi mereka yang belum dapat pekerjaan dari 1800 lowongan pekerjaan.

Menurut data BPS Sakernas tahun 2015 jumlah angkatan kerja 597.639 orang. Pengangguran 16.657 orang dan bekerja 580.982 orang,dengan tingkat pengangguran terbuka sebesar 2,79% . Untuk Propinsi Jawa Timur 4,47%  terendah tetapi Nasional 6,18%. Melihat dari lulusan SLTA maupun Perguruan tinggi belum mendapatkan pekerjaan, namun dari tahun ke tahun tingkat pengangguran berkurang dengan adanya Job Fair tiap tahun menurut  Drs. MIFTACHUDDIN, MM Asisten Ekonomi dan Pembangunan  Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Blitar.

Baca Juga :  Tak Berizin, Caffe Ruko Kalianak Disegel Satpol PP

Lanjut  Miftachuddin dalam acara JOB FAIR dapat meningkatkan taraf hidup pada masyarakat yang belum mendapatkan pekerjaan dan pengangguran dapat teratasi .dalam Hal ini dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi mereka pencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian maupun ketrampilannya masing masing,”tuturnya. (fma)

print
(Visited 12 times, 1 visits today)

Shortlink: