Ingin Pelajari e-Government, Pemerintah Kabupaten Pemalang Melakukan Kunjungan Kerja di Pemerintah Kota Surabaya

Surabaya, BeritaTKP.Com – Inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya selalu berhasil menarik perhatian banyak instansi lain untuk belajar tentang hal tersebut. Kali ini, Selasa (19/9), rombongan dari Pemerintah Kabupaten Pemalang Jawa Tengah mengunjungi Kota Surabaya untuk belajar mengenai salah satu inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surabaya, yaitu terkait e-Government.

Bertempat di Ruang Sidang Walikota Surabaya, rombongan diterima  langsung oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan M. Taswin. Kepala Rombongan Pemerintah Kabupaten Pemalang Jawa Tengah Budi Raharjo mengatakan, tujuannya mengunjungi Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya adalah untuk mempelajari tentang E-Government.

“Kami sengaja datang ke Pemerintah Kota Surabaya ini tidak lain untuk mempelajari tidak lain untuk mempelajari sistem e-Government. Agar semoga nanti bisa kita terapkan di tempat kita agar lebih mempermudah pekerjaan kami” ujar Budi Raharjo.

Setelah itu, M. Taswin, Asisten Perekonomian dan Pembangunan menjelaskan, secara garis besar tentang e-Government yang diterapkan di Kota Surabaya, terdiri dari beberapa layanan publik seperti e-Surat, Surabaya Single Window, e-Health, e-Wadul, e-Musrenbang, e-Budgeting, e-Project, e-Procurement, e-Delivery dan e-Controlling.

Baca Juga :  Penjagaan Bank dan Toko Emas Diperketat Jelang Lebaran

Kemudian ia menjelaskan sedikit tentang fungsi e-Musrenbang. Dengan adanya aplikasi ini masyarakat Kota Surabaya bisa menyampaikan usulan pembangunan secara langsung sejak dari tingkat RW. Selain usulan melalui RW, warga juga bisa menyampaikan usulan melalui komunitas. Dengan begitu, warga tidak perlu lagi bingung untuk menyampaikan usulan pembangunan.

Taswin menyampaikan, aplikasi e-government yang dilaksanakan di Surabaya ini berguna untuk menyusun sistem anggaran pemerintah daerah. Semua perencanaan anggaran yang dilakukan di Pemerintah Kota Surabaya saat ini menggunakan aplikasi e-budgeting dari berapa besar biaya perjalanan dinas, sampai kebutuhan lainnya di masing-masing OPD. @amrl

print

Incoming search terms:

  • prugram kegiatan pemerintah kota pemalang
(Visited 12 times, 1 visits today)

Shortlink: