Pemkot Surabaya Gelar Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2017

Surabaya, BeritaTKP.Com – Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada hari Minggu (1/10) diperingati dengan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Halaman Taman Surya. Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Walikota Surabaya, Tri Rismaharini. Upacara tersebut dihadiri oleh segenap pimpinan OPD Pemkot Surabaya serta perwakilan pelajar Surabaya.

Upacara peringatan kali ini bertemakan Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur, tema tersebut dipilih karena membangun Bangsa Dibutuhkan Kerja Keras Bersama Berlandaskan Pancasila. Upacara berlangsung lancar dan khidmat dengan puncak acara Pembacaan naskah ikrar yang dibacakan oleh Ir. Masduki Toha Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya, yang berbunyi :

Dengan Rahmat Tuhan yang Maha Esa, Kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan RI pada tanggal 17 Agustus 1945. Pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan RI.

Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kejahatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang didasari oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, Bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya persatuan RI

Baca Juga :  Surabaya-Liverpool Akan Segera Wujudkan Sister City

Dalam wawancara usai upacara, Risma menyampaikan nilai nilai yang tertuang dalam Pancasila merupakan paket lengkap, oleh karena itu kita sebagai manusia seharusnya menghormati dan menerapkannya dalam nilai sehari-hari.

Risma mencontohkan, jika kita menerapkan pancasila pada nilai keseharian, jangankan untuk membunuh. kita bahkan tidak akan membuang sampah sembarangan, karena kita sadar apa yang kita perbuat dapat merugikan orang lain. Jika kita membuang sampah sembarangan, akan menyusahkan para penyapu jalan raya untuk membersihkannya.

Upacara tersebut juga dimeriahkan oleh paduan suara 200 pelajar dari SMPN 1 Surabaya. Acara diakhiri dengan ramah tamah antara tamu Walikota Surabaya, dan Segenap Undangan serta OPD Pemkot Surabaya. @red

print
(Visited 17 times, 1 visits today)

Shortlink: