40 Guru Se Banyuwangi Dilatih Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

Banyuwangi, BeritaTKP.Com – Sebanyak 40 guru SMP terpilih se Banyuwangi dilatih Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) di  pusat belajar SMPN 2 Rogojampi, Selasa (10/10/17).

“Pelatihan ini memakai pola IN-ON-IN. Maksudnya, IN adalah service training tatap muka kemudian pendalaman materinya, ON akan dilaksanakan di sekolah dengan bimbingan dari instruktur nasional/mentor, baru dua hari kemudian IN yang kedua. Kalau pola IN-ON-IN sudah dilaksanakan maka di bulan selanjutnya (November) diadakan test untuk melihat hasilnya,” ujar Suratno, Spd. MM, Kepala Bidang Pendidikan SMP Kabupaten Banyuwangi.

Kegiatan dimaksud, kata Kabid SMP asal kota Genteng ini, adalah bantuan pemerintah berupa subsidi untuk satu komunitas yang berisikan 40 orang guru. Sedangkan kegiatan dimaksud dalam rangka meningkatkan kompetensi guru melalui wadah PKB dan semua guru pada akhirnya harus mengikuti proses PKB. Karena data existing yang merupakan data awal uji kompetensi ternyata belum mencapai titik yang diharapkan sesuai dengan Kriteria Capaian Maksimal (KCM) atau standar menetapkan berapa nilai yang dicapai saat ini yaitu 70 poin. Sedangkan mereka saat ini masih dibawah 70 poin.

Para guru yang hadir sangat antusias mendengarkan semua materi-materi yang diajarkan. Karena mereka tahu jika kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kompetensi guru BK ditingkat SMP khususnya.

Baca Juga :  HUT TNI Ke-72, Kodim 0825 Banyuwangi Ziarah Nasional Kenang Jasa Pahlawan

Bagi peserta yang nilainya  lebih besar dari 70 poin maka peserta dinyatakan lulus dan akan mendapatkan sertifikat. Bagi peserta yang nilainya dibawah 70 poin maka akan mendapatkan surat keterangan saja.

Jadi, lanjut Suratno, kegiatan ini dapat memotivasi para guru agar bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan supaya mendapatkan nilai diatas rata-rata nilai poin.

“Kegiatan ini ada tiga kali tahapan, sedangkan waktunya dikoordinasi di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kerja (P4TK) lembaga yang memegang dan mengawal kegiatan PKB ini,” paparnya.

Dijelaskan Suratno, ada 40 guru terpilih yang tergabung dalam satu paket kelas dan satu instruktur untuk se Kabupaten Banyuwangi. Diluar Banyuwangi juga mendapatkan bantuan paket PKB. Hampir semua mata pelajaran termasuk MTBK semua mendapatkannya.

“Tetapi masih ada juga kabupaten yang belum mendapatkan paket-paket PKB ini, karena harus mengantre,” pungkas Suratno. (Aji)

print

Incoming search terms:

  • guru smp blimbingsari
(Visited 30 times, 1 visits today)

Shortlink: