Gathering BUMDES Se-Kabupaten Dengan Perum BULOG

Blitar, BeritaTKP.Com – Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bekerjasama dengan Perum Bulog pada Rabu 6/9 menyelenggarakan Sosialisasi Perum BULOG bersama BUMDesa Se-Kabupaten Blitar di Gedung Grandstar. Sosialisasi tentang Profil PT.Mitra BUMDes Nusantara serta penjelasan Program Rumah Pangan Kita (RPK),On Farm  dan Lumbung Desa (Bunga Desa). Serta penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Blitar dengan Perum Bulog tentang pembentukan PT. Mitra BUMDes Nusantara di Kabupaten Blitar. Tujuan dari acara Sosialisasi adalah untuk membangun kemitraan antara bumdesa Se-Kabupaten Blitar dengan Perum BULOG dan Pembentukan PT.Mitra BUMDes Nusantara di  Kabupaten Blitar.

Pembukaan acara Sosialisasi Perum BULOG bersama BUMDesa Se-Kabupaten Blitar oleh Bupati Blitar H.Rijanto, Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum BULOG IMAM SUBOWO, Kepala Divisi Pengembangan Hulu Perum BULOG RAMLAN UE, Kepala Divisi Regional BULOG Jawa Timur. USEP KARYANA , Kepala Sub Drive Perum BULOG Tulungagung KRISNA MURTIYANTO, Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar, Sekda Kabupaten Blitar Totok Subihandono, Camat, Kepala Desa dan Direktur BUMDes se- Kabupaten Blitar.

Saat diwawancarai Media Berita TKP Kepala Dinas PMD Drs.Mujianto mengatakan pada hari Rabu 6/9 adalah stater poin Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Blitar dengan Perum Bulog tentang pembentukan PT. Mitra BUMDes Nusantara di Kabupaten Blitar dan diteruskan sampai ke tingkat desa. Karena BUMN melihat di Kabupaten Blitar sudah terbentuk BUMDes sebanyak 220 desa, jumlah tersebut sangat berpotensi sehingga dapat perhatian khusus dari 7 BUMN yang akan mendukung dan membantu pendirian PT.Mitra BUMDes Nusantara. Disini juga dapat menyalurkan dan menampung hasil BUMDes dan hasil perusahan-perusahaan dibawah naungan BUMN. Tidak itu saja hasil UMKM maupun produk lainnya akan ditampung oleh PT.Mitra BUMDes Nusantara dalam hal pemasaran maupun manajemennya,”ujarnya.

Baca Juga :  Tertibkan PKL Kejawan Lor, PKL Adakan Perlawanan

Mujianto berharap agar Kepala Desa dan seluruh steak holder harus sudah memulai usaha. Dapat terjalinnya Kemitraan antara Pemerintah Kabupaten Blitar,Perum Bulog dan BUMDes di Kabupaten Blitar serta berkembangnya unit-unit usaha BUMDes guna menambah PADes dan Kesejahteraan masyarakat,”ucapnya.

Pemerintah Kabupaten Blitar menyambut baik ini merupakan terobosan baru untuk membangun kemitraan antara Perum Bulog dengan BUMdes agar dapat mengangkat potensi yang ada. Kedepannya ada kerjasama Perum Bulog dengan BUMDes akan dibentuknya PT.Mitra BUMDes Nusantara dapat mengangkat potensi-potensi yang tersebar di desa-desa. Semua dapat memajukan BUMDes atas kehadiran Perum Bulog agar mengangkat potensi didesa,tidak hanya disektor pertanian. Tetapi disektor produk-produk unggulan UMKM maupun tempat wisata-wisata yang ada di Kabupaten Blitar. Disini bagaimana BUMDes dapat menjalin komunikasi dengan pihak Mitra BUMDes,”ujar Bupati Blitar H.Rijanto.

Lanjut Rijanto secepatnya Pemkab Blitar menindak lanjuti dengan pendirian dan ikatan-ikatan yang lainnya agar mempercepat pembentukan PT.Mitra BUMDes Nusantara di Kabupaten Blitar. Semua ini dapat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam memasarkan produk unggulan maupun tempat wisata.,”ungkapnya.

Direktur Pengembangan Bisnis dan Industri Perum BULOG IMAM SUBOWO saat dikonfirmasi mengatakan kehadiran kami bersama Pemerintah Daerah dan Desa ingin bekerjasama untuk membangun bersama-sama maupun memberdayakan masyarakat. Kerjasama dari permodalan dan pembelian hasil usaha yang dilakukan petani dan semua harus ada BUMDes disetiap desa. Perum Bulog akan tetap kerjasama dengan Pemerintah Desa melalui BUMDes, karena menurut UU nomer 6 tahun 2014 Kemendes setiap desa harus membentuk BUMDes ( Badan Usaha Milik Desa ). Dalam hal ini banyak manfaat atau potensi yang ada desa dapat ditarik dan dikembangkan. Dengan adamya kerjasama antara Perum Bulog dengan PT. Mitra BUMDes Nusantara dapat mengangkat usaha-usaha UMKM yang didesa. Potensi yang ada didesa bukan hanya pertanian tetapi potensi UMKM dan tempat-tempat wisata.Targetnya pangan ini ada dimanapun dan ada dimasyarakat desa, begitu juga tidak kalah pentingnya produk yang ada didesa,”ucapnya.

Baca Juga :  Blitar Marak Rumah Kost ‘Esek Esek’

Lanjut Imam Subowo berharap segera cepat dibentuk PT. Mitra BUMDes Blitar dan juga dibentuk PT.Mitra BUMDes setiap desa. Secara dapat melaksanakan dalam bentuk membeli dan menampung usaha-usaha masyarakat yang paling penting usaha pertanian. Tetapi kedepannya dapat juga usaha-usaha UMKM maupun potensi pariwisata,”ungkapnya. (fm)

print
(Visited 14 times, 1 visits today)

Shortlink: