Paripurna DPRD Kabupaten Blitar Ranperda Tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2017

Blitar, BeritaTKP.Com – Sidang Paripurna DPRD Kabupaten Blitar pada Selasa 19/9 mendengarkan laporan Badan Anggaran terhadap pembahasan rancangan APBD 2017 tentang perubahan APBD  tahun 2017 dilanjutkan persetujuan dan penetapan Ranperda menjadi Perda Kabupaten Blitar. Paripurna yang dibuka langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Blitar  Suwito Saren.

Dalam sidang paripurna DPRD Kabupaten Blitar  dihadiri Bupati Blitar H.Rijanto,Forpimda, Ketua Pengadilan Negeri Blitar, Kapolres Kabupaten / Kota Blitar, Dandim , Danyon 511, Pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Blitar , Sekda Kabupaten Blitar , Pimpinan Instansi dan Sektoral Kabupaten Blitar. Acara paripurna DPRD Kabupaten Blitar mendengarkan Laporan Banggar ( Badan Anggaran )  terhadap pembahasan rancangan APBD 2017 tentang perubahan APBD  tahun 2017 dilanjutkan persetujuan dan penetapan Ranperda menjadi Perda Kabupaten Blitar.

Pembacaan laporan Pembahasan oleh Ahmad Rifai’i dari F-PKB, Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomer  58 Tahun 2005 tentang Pengelolahan Keuangan Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomer 13 Tahun 2006 Tentang  Pedoman Pengelolahan Keuangan Daerah sebagaiman a diubah beberapa kali, terakhir Permendagri nomer 21 tahun 2011. Mengamanatkan bahwa Perubahan APBD dapat dilakukan jika terjadi perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA APBD awal ditetapkan, perubahan ini harus didahului dengan revisi RKPD dan KUA PPASnya. Pembahasan RAPBD perubahan ini adalah, bagaimana perkembangan kondisi dan target perekonomian pada kuartal 1 tahun berjalan kemudian juga laporan realisasi/serapan anggaran semester 1 dan prognosisnya untuk semester berikutnya serta evaluasi kinerja SKPD pada akhir tahun sebelumnya. Pada Nota pengantar RAPBD perubahaan Kabupaten Blitar Tahun 2017, bahwa perubahaan APBD tahun 2017 disebabkan oleh perubahan asumsi dasar ekonomi makro, yang berimlikasi kepada berubahnya proyeksi target pendapatan dan pemanfaatan SILPA tahun 2016 .

Baca Juga :  Polres Jombang Lakukan Tes Urine Terhadap Hakim PN Jombang

Sehingga harus dilakukan penambahan dan atau pergeseran belanja daerah disisa waktu APBD tahun 2017. Pembahasan RAPBD tahun 2017 sudah dibahas oleh Badan Anggaran merupakan perubahan tahun ke- 2 dari rangkaian panjang 5 tahunan RPJMD periode 2016 -2021. Dimana  pada tahun ke-2  tersebut berdasarkan RKPD 2017 diamanatkan  bawa arah kebijakan pembangunan diprioritaskan untuk  “ Percepatan Kecukupan Sarana Prasarana,Sistem dan Infrastruktur Ekonomi Berbasis Potensi Unggulan Kabupaten Blitar ( Pariwisata dan Pertanian ).

Hasil pembahasan Banggar DPRD Kabupaten Blitar terhadap Ranperda tentang perubahan APBD tahun 2017  dapat disampaikan hasil sebagai berikut. Penyajian Dokumen RANPERDA Tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2017 sudah disajikan dalam bentuk ringkasan obyek dan rincian obyek pendapatan, belanja dan pembiayaan.  Pendapatan Daerah pada perubahan APBD Tahun 2017  yang semula  2.194.463.301.607,50,- menjadi 2.341.415.865.134,50,- ada peningkatan 146.952.563.527,50 sen. Sehingga jumlah pengeluaran setelah pengeluaran NOL Rupiah.

Saat diwawancarai Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito Saren mengatakan Paripurna hari ini adalah penyampaian laporan dan penetapan Ranperda menjadi Perda Perubahaan APBD tahun 2017 yang telah disampaikan Badan Anggaran. Perubahan Ranperda ini sebagaimana disampaikan ada Rekomendasi dari Banggar yang dimana ada 2 poin yang penting,”ujarnya.

Baca Juga :  Kabupaten Pasuruan Raih Dua Penghargaan Lingkungan Tingkat Nasional

Lanjut Suwito  dalam poin yang terutama ketepatan waktu,dikarenakan sudah mendekati akhir tahun sehingga waktunya cukup pada akhir tahun ini. Semoga program dan kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik,”ungkapnya.

print

Incoming search terms:

  • ranperda perubahan apbd tahun anggaran 2017 dprd kabupaten blitar
(Visited 47 times, 1 visits today)

Shortlink: