Ucapkan Salam Sebelum Mencuri, Maling Asal KapasanTerpergok

Surabaya, BeritaTKP.Com  – Mutolip, pria 38 tahun ini dalam tindakan kejahatam yang dilakukan terbilang lucu serta unik bagaimana tidak pria asal Sido Kapasan, Semampir, Surabaya ini ketika akan mencuri selalu menggunakan cara atau modus yaitu dengan selalu mengucapkan salam layaknya seorang muslim ketika bertamu.

Namun meski mengucapkan salam tetap saja niat buruknya tersebut membuat petaka bagi dirinya, Mutolip saat beraksi mengambil HP di rumah Johanes Bagus Buntoro, Jalan Sidosermo VIII/111, Wonokromo, Surabaya. Namun aksi nekadnya ini terpergok korbannya.

Dan kini pria penggaguran ini, tidak bisa berkutik dan langsung diinapkan di tahanan Polsek Wonokromo, Dalam aksinya, pelaku selalu berjalan kaki dari rumahnya ke tempat kejadian perkara (TKP) lokasi pencurian. Hal itu dilakukan karena pelaku sudah mempunyai niatatan untuk mencuri. Begitu sampai di Sidosermo VIII, pelaku terlebih dulu mencari rumah sasaran yang pintunya keadaan terbuka.

Tanpa pikir panjang pelakupun berjalan menuju rumah tersebut. Ketika di depan, pelaku terlebih dulu mengucapkan salam (Assalamualaikum). Kalau ucap salamnya tidak ada balasan, baru pelaku masuk dan mencari barang yang bisa diambil.

Baca Juga :  Debitur. Berharap Penegak Hukum Brantas Debt Collector

“Modus yang dilakukan pelaku ini langka dan tidak biasanya. Pelaku mengucapkan assalamualaikum, karena tak ada jawaban dan rumah sepi,lalu pelaku ini mencuri HP,” sebut Kapolsek Wonokromo, Kompol I Gede Suartika.

Dirinya mengakui, setiap melakukan pencurian pasti menggunakan modus ucapkan salam tersebut. Pelaku ini mengaku terpaksa mencuri lantaran butuh uang untuk keperluan keluarga. Kalau dirinya dapat HP maka akan langsung bisa dijual secara mudah.

ketika masuk di dalam rumah korban, pelaku melihat HP di ruang tamu yang sedang di-cash. Untuk korban sendiri waktu itu berada di belakang rumah memperbaiki tembok yang rusak. “Tapi waktu itu korban mendengar ada orang ucap salam, ternyata saat ada diruang tamu. Melihat pelaku membawa HP dan tergesah-gesah keluar, akhirnya korban langsung melakukan pengejaran hingga tertangkap,” jelaskan Suartika.

Usai korban menangkap, pelaku diserahkan ke Polsek Wonokromo guna menjalani pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan, pelaku terbukti bersalah. Maka Mutolip dikenakan pasal 362 atas tindakan pencurian dan dijerat hukuman paling lama lima tahun penjara. @sul/rul

print
(Visited 10 times, 1 visits today)

Shortlink: