Tim Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Sita Kendaraan Sindikat Uang Palsu

Jakarta, BeritaTKP.Com – Dua mobil dan empat motor dari tersangka sindikat pembuatan uang palsu (upal) di Bangkalan, Jawa Timur disita oleh Tim Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri.

Semua kendaraan itu saat ini diparkir di Gedung Bareakrim Polri Gedung KKP sebagai barang bukti. Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Agung Setya mengatakan, kendaraan disita karena diduga terkait tindak pidana penbuatan uang palsu.

Dua mobil itu adalah Nissan Juke L 1030 PN warna sikver, dan Peugeut 206 M 789 MM warna merah. Sementara empat sepeda motor terdiri dari Yamaha Vixion B 3835 UHZ, Suzuki Satria W 4974 TR, dua motor trail kecil M 2031 HB, dan M 3452 HS.

Semua kendaraan ini, disita dari tersangka I yang juga sebagai otak pembuatan uang palsu. Penyitaan itu, kata dia, sebagai alat bukti pembuktian pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang disangkakan penyidik pada enam tersangka. Petugas terapkan pencucian uang. Pasal 3 UU 8 2010. Kami ingin optimalkan penegakan hukum agar praktek serupa enggak terjadi lagi.

Adapun kasus ini terbongkar setelah pihaknya melakukan penyelidikan selama tiga bulan. Penyelidikan ini dilakukan setelah ada informasi soal peredaran uang palsu di Majalengka. Dan Sebanyak enam orang diamankan dan dijadikan tersangka oleh polisi. Tiga tersangka diamankan di Cirebon dan tiga tersangka lainnya di Bangkalan. Enam tersangka itu adalah, S, M, RS, I, T, dan AR.

Baca Juga :  Jelang Lebaran, Bupati Sidoarjo Lakukan Sidak MaMi Disejumlah Supermarket

Dari hasil penangkapan ini, penyidik berhasil menyita uang palsu dalam pecahan seratus ribu sebangak 313 lembar. Selain mengamankan uang palsu, polisi juga mengamankan alat untuk mencetak seperti, printer, alat oven, komputer, kertas, dan tinta dan Atas perbuatannya keenam orang ini dijadikan tersangka. Mereka dijerat dengan Pasal 36 ayat (1) dan atau ayat (3), Pasal 37 ayat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang jo 55 KUHP dan atau Pasal 3 dan Padal 5 UU No. 8 Tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang. Ancaman hukuman seumur hidup. @red

print

Incoming search terms:

  • tindak pidana sindikat
(Visited 22 times, 1 visits today)

Shortlink: