Dinas Kominfo Bekali KIM Untuk Tingkatkan Kemampuan Penyebaran Informasi

Surabaya, BeritaTKP.Com  – Bertempat di Pendopo Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo Kota Surabaya, Selasa (18/7), anggota KIM dari Kelurahan Sememi berkumpul untuk mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan dan penyebarluasan informasi.

Hal ini di lakukan dalam rangka sosialisasi Penyebaran informasi yang dimana hal tersebut  merupakan hal yang penting. Pemerintah Kota Surabaya menyadari pentingnya hal tersebut dan berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas para agen penyebaran informasi tersebut dengan selalu membina para Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di Kota Surabaya.

Kegiatan tersebut dilakukan di Pendopo Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo Kota Surabaya, Selasa (18/7), anggota KIM dari Kelurahan Sememi berkumpul untuk mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan dan penyebarluasan informasi.

Ferdhie Ardiansyah, Lurah Sememi dalam sambutannya mengatakan bahwa KIM adalah penghubung antara Pemerintah Kota Surabaya dengan seluruh masyarakat di Kota Surabaya dalam hal penyebaran informasi. Oleh sebab itu, perlu adanya tambahan pengetahuan dalam hal tersebut.

Sementara itu, Nur Ulfatur Roiha dari Dinas Komunikasi dan Informatika mengatakan bahwa KIM seharusnya bisa menyaring segala macam berita yang masuk, yang mana nantinya akan disebarluaskan (diseminasi) kepada masyarakat luas.

Dalam kesempatan yang sama, Zainal Arifin Emka selaku narasumber menjelaskan bahwa KIM perlu memperhatikan aspek kreativitas dalam menyediakan informasi bagi masyarakat. Senada dengan Ulfa, Zainal juga menekankan pentingnya menyaring informasi terlebih dahulu sebelum menyebarkannya kepada masyarakat. “Perlu adanya check dan re-check, atau dalam pesantren istilahnya tabayyun”, ujar Zainal didepan para peserta yang hadir dalam acara sore ini.

Baca Juga :  Satpol PP Kota Kediri Rangkul Anak Jalanan

Masih menurut Zainal, pengawasan terhadap akses internet dan informasi yang deras juga penting, agar bisa menjadi lebih kritis, terutama bagi anak-anak. Disinilah peran KIM menjadi penting, sebagai pihak yang lebih ‘berpengalaman’ dalam hal pengelolaan informasi kepada masyarakat.

Di kesempatan tersebut, Aminulloh, anggota KIM Mojo, membagikan pengalamannya selama menjadi anggota KIM. Ia mengatakan bahwa KIM sekarang sudah dikenal di banyak daerah di Indonesia dan mengutip pernyataan Gubernur Jawa Timur, KIM sekarang sudah sesuai dengan jalurnya yaitu sebagai agen informasi kepada masyarakat. Babe, panggilan akrab Amin, juga mengingatkan pentingnya menggunakan gawai (gadget) dalam kehidupan sehari-hari. Gawai bisa memberikan keuntungan, namun disisi lain juga bisa mendatangkan kerugian apabila bila tidak digunakan secara bijak. @red

print
(Visited 20 times, 1 visits today)

Shortlink: