Tiga Museum Rumah Pahlawan Akan Diresmikan Pemkot Surabaya

Surabaya, BeritaTKP.Com  – Di hari pahlawan ini surabaya akan memiliki 3 museum sejarah baru dan museum tersebut merupakan tempat tinggal pahlawan nasional, Tiga museum itu yakni, Museum Rumah Hos Cokroaminoto, Museum Rumah Dr Soetomo dan Museum Rumah WR Supratman.

Wali Kota Tri Risma Harini menjelaskan bahwa pihaknya akan melengkapi berbagai peralatan bersejarah yang digunakan oleh tiga tokoh besar tersebut, beserta cerita di dalamnya. “Insya Allah November ini akan saya siapkan museum untuk rumah Dr. Soetomo, WR Supratman, dan Hos Cokroaminoto, Dulu ada rumahnya, tapi sekarang mau coba dilengkapi barang-barangnya, jadi kami cari sampai ke rumah asalnya, misal rumah Cokroaminoto di Madiun. Itu kan dulu Bung Karno belajar pidato di atas rumah Cokroaminoto, lalu coba pidato di depan kaca. Nah, kacanya itu kita sudah dapat beserta cerita proses di dalamnya,” ungkapnya.

Dalam hal ini walikota perempuan pertama di surabaya tersebut mengaku telah melakukan negosiasi dengan ahli waris. Nantinya, rumah-rumah bersejarah tersebut akan dikelola Pemkot Surabaya.”Sudah fix tiga rumah itu. Ke depan kita juga akan terus rawat, coba nego dengan warga sekitar untuk mengembalikan jalan dan lampu-lampu di sekitar rumah seperti dulu,”ujarnya.

Baca Juga :  Danramil Kec. Kejayan Bantu Renovasi Rumah Warga

Menurut Risma, pihaknya serius melakukan hal tersebut, maka dari itu ia menyediakan tim khusus untuk mengumpulkan berbagai dokumen serta referensi dari berbagai sumber terpercaya.”Kita juga sudah cari referensi sampai ke Jakarta, ke Museum Arsip Nasional, ke beberapa tempat di kampung-kampung asalnya, sehingga lebih komprehensif,” ujar Risma.

Hal ini dilakuakan sebagai bentuk penghargaan terhadap para pahlawan, selain itu, ia juga memang ingin Surabaya memiliki wisata sejarah.”Ini bentuk penghargaan kita pada para pahlawan. Nantinya, kita juga ingin ada wisata sejarah di Surabaya,” imbuh risma. @ynt

print
(Visited 15 times, 1 visits today)

Shortlink: