Dinkes Kabupaten Blitar Gelar Lomba Senam Cerdik PTM (Penyakit Tidak Menular)

Blitar, BeritaTKP.Com – Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ( HKN ) Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar mengadakan kegiatan-kegiatan yang dimana salah satunya Lomba Senam CERDIK PTM. Lomba Senam Cerdik diikuti 24 Puskesmas se Kabupaten Blitar bertempat Wisata Kampoeng Coklat pada Rabu 8/11. Kegiatan tersebut diikuti pelaku kesehatan yang memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat di Puskesmas yang berkerja dilingkup Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar.

Senam cerdik yang dilombakan merupakan upaya mewujudkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat ( Germas ) yang idikatornya adalah aktifitas fisik, serta istirahat cukup dan kelola stress dengan baik. Tidak hanya dikalangan pegawai layanan kesehatan di Puskesmas tetapi juga memberikan himbuan kepada masyarakat, agar masyarakat dapat berperilaku hidup sehat disekitar rumah. Semua ini merupakan program dari pemerintah pusat agar kita berprilaku sehat dan menjaga kebersihan lingkungan.

Lomba senam cerdik dibuka oleh Kepala Bidang P2P ( Pencegahan Pemberantasan Penyakit ) Krisna Yekti yang langsung mengadakan senam bersama peserta lomba sebelum acara lomba. Suasana didalam gedung luar biasa semarak oleh para peserta senam cerdik. Berbagai macam kostum peserta senam cerdik dari berbagai puskesmas, hal ini menambah semangat bagi para peserta yang mengikuti acara tersebut.

Saat dikonfirmasi Kabid P2P ( Pencegahan Pemberantasan Penyakit ) Krisna Yekti mengatakan pada kegiatan senam cerdik merupakan pesan dari 10 pesan Presiden RI Joko Widodo dalam menyambut Hari Kesehatan Nasional salah satunya olahraga senam cerdik. Tujuan senam ini adalah untuk mencegah penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan cara olah raga. Senam Cerdik ini merupakan salah satu pencegah ( PTN ) Penyakit Tidak Menular seperti Darah Tinggi, Kanker, Tumor, Stroke dan Diabetes,”ujarnya.

Baca Juga :  Pemkab Sidoarjo Tambah TPST Demi Kurangi Sampah Rumah Tangga

Lanjut Krisna mengharap dengan adanya lomba ini program yang telah dilaksanakan dapat mengena terhadap masyarakat. Diadakan lomba senam cerdik ini dapat menjadi guru olahraga bagi masyarakat. Moto yang diangkat pada senam cerdik “ AYO BERPERILAKU CERDIK “ antara lain 1. Cek Kesehatan Secara Berkala, 2. Enyahkan Asap Rokok, 3. Rajin Berolahraga, 4.Diet Seimbang, 5.Istirahat Cukup, 6. Kelola Stress. Jangan lupa makan sayur dan buah serta mengkomsumsi makan-makanan yang mengandung sumbergizi dan nutrisi yang seimbang.

Mengajak masyarakat untuk beprilaku hidup bersih dan sehat (PHSB ),dapat mencapai tujuan GERMAS ( Gerakan Masyarakat Sehat ). Yang dimana pada tanggal 24 Nopember 2017 GERMAS dilauncing oleh Bupati Blitar juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur,”ungkapnya.

Pada akhirnya diumumkan hasil penilaian lomba senam cerdik yang dibacakan Tim Juri adalah untuk Juara 1 Puskesmas Kanigoro,Juara II Puskesmas Wlingi dan Juara III Puskesmas Selopuro. Sedangkan  Juara Harapan Satu Puskesmas DOKO, Harapan Dua Margomulyo dan Ketiga Puskesmas Kademangan. @fma

print
(Visited 14 times, 1 visits today)

Shortlink: