Pengelolaan Keuangan Pemkot Blitar Diapresiasi Pemerintah Pusat

Blitar, BeritaTKP.Com – Ketaatan Pemerintah Kota Blitar terhadap peraturan perundangan di bidang pengelolaan keuangan daerah mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat. Wakil Wali Kota Blitar, Santoso, menerima penghargaan atas laporan keuangan Pemerintah Daerah Tahun anggaran 2016 dari pemerintah Pusat yang diserahkan Gubernur Jawa Timur Soekarwo, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (1/11).

Penghargaan diberikan setelah Pemerintah Kota Blitar mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Murni dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia. Wakil Wali Kota Blitar, Santoso menyatakan penghargaan ini memacu Pemerintah Kota Blitar untuk terus mempertahankan opini WTP murni pada tahun – tahun berikutnya. “ Untuk tahun 2016, Pemerintah Kota Blitar menerima WTP murni, dengan penghargaan kita berharap dapat terus dipertahankan secara berturut – turut”, jelas Wakil Wali Kota.

Dijelaskan Wawali, ketaatan terhadap peraturan perundangan di bidang pengelolaan keuangan daerah perlu terus dipertahankan oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Blitar. Sesuai arahan Wali Kota, Wawali berkomitmen untuk terus mendorong OPD menaati peraturan perundangan bidang pengelolaan keuangan dan setidaknya penghargaan ini diharapkan dapat bertahan hingga lima tahun ke depan.

Baca Juga :  Giat Pengajian Sakinah

Mengutip penjelasan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi, Wawali menjelaskan daerah – daerah di Indonesia saat ini terus dipacu untuk meningkatkan tertib pengelolaan keuangan daerah. Beberapa hal yang menjadi catatan dalam setiap Laporan hasil pemeriksaan perlu untuk ditindaklanjuti dan diperbaiki.

Sementara itu Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Widodo Saptono yang mendampingi Wawali menjelaskan ada beberapa indikator yang dijadikan penilaian. Laporan Keuangan Pemerintah Kota Blitar dinilai sudah sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan. “Pengungkapan dan pelaporannya juga sudah sesuai dengan ketentuan dan kewajaran. Dan juga dinilai ada kepatuhan terhadap peraturan perundang – undangan”, jelas Widodo.

Ditambahkan Widodo kunci penting dalam meraih penghargaan ini adalah berfungsinya sistem pengendalian intern pemerintah. “Yang paling penting lagi adalah adanya komitmen kepala daerah terhadap pengelolaan keuangan tinggi. Itu menjadi kunci yang perlu dipegang oleh Kepala OPD dan pengelola keuangan untuk mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah sangat tinggi”, pungkasnya. (humas/fma)

print

Incoming search terms:

  • badan pengelolaan keuangan dan aset daerah kota blitar
(Visited 20 times, 1 visits today)

Shortlink: