Koramil 0806/04 Bendungan Trenggalek Laksanakan Gerakan Hari Menanam Pohon

unnamedTrenggalek, BeritaTKP.Com – Dalam rangka menjaga kelestarian alam, Pemerintah Kabupaten Trenggalek menggelar gerakan menanan sejuta pohon, Selasa (6/12/16), bersama Dispertabutbun serta menggandeng beberapa pihak. Gerakan yang dinamakan One Billion Indonesia Trees (OBIT) tahun 2016 tersebut dipusatkan di Desa Sumurup, Kec. Bendungan.
 
Hadir dalam kegiatan itu, Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek, Ketua Tim Penggerak PKK Trenggalek, Forkopimda, SKPD, TNI, Polri, Perhutani, serta para relawan. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari gerakan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Th. 2016, dgn tema “Pohon dan Hutan Rakyat untuk Kehidupan, Kesejahteraan dan Sumber Devisa”.
 
Dalam sambutannya Bupati Trenggalek, Dr. Emil Dardak menyampaikan bahwa saat ini dirinya sedang berada dilahan gundul, yang dalam waktu dekat akan dilakukan penghijaukan. “Pasalnya dari 1 juta 800 ribu bibit ada 300 ribu lebih bibit yang akan menghijaukan Kecamatan Bendungan,” ungkapnya.
“Patut disyukuri hari ini diserahkan profit sharing getah pinus yang dapat mensejahterakan petani. Kedapan kita sudah berbicara dengan ahli untuk mengembangkan produk getah pinus ini tidak hanya untuk terpentin saja, melainkan beberapa produk turunan lainnya, seperti cat, lem dan yang lainnya. Selain itu yang dulunya limbah terpentin ini diambil Solo, kini bisa diambil Trenggalek sebagai bahan proses pembatikan,” imbuhnya.
 
Bupati Emil menjelaskan bahwa banyak kejadian bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang diakibatkan adanya kerusakan alam. Sehingga perlu untuk kembali melestarikan alam dengan menanam pohon yang kuat menyerap air.
Sementara itu, Danramil 0806/04 Bendungan Kapten Inf Maeran, mengajak semua elemen masyarakat untuk melestarikan dan menghijaukan alam untuk masa depan anak cucu bangsa dan dalam kegiatan itu, juga di laksanakan acara pelepasan ratusan ekor burung serta penanaman pohon yang dilakukan bupati, wakil bupati dan seluruh tamu undangan yang hadir.  @yono
print
(Visited 23 times, 1 visits today)
Baca Juga :  Dandim Bojonegoro Ikuti Rakor Bangdes Di Pendopo Malowopati

Shortlink: