Bakorwil Jember Akan Terbentuk Dan Penggabungan PT PWU Akan Terlaksana

zbSurabaya, BeritaTKP.Com – Sidang Paripurna yang di gelar DPRD Jatim pada senin, 5/12/2016, telah membahas dua perda sekaligus yang perda NO 12 tahun 2008 tentang organisasi dan tata kerja badan koordinasi wilayah Pemerintahan dan pembangunan Jawa Timur kedua perda NO 5 tahun 1999 tentang penggabungan 5 (lima) perusahaan daerah yang di gabung dari perusahaan daerah menjadi PT. Panca Wira Usaha  Jatim . dan juga membahas penggabungan perseroan terbatas PT. .Jatim Invesment Management kedalam perseoan terbatas PT.Petro Gas Utama .

Susunan organisasi dan tata kerja Bakorwil telah sesuai dengan pembentukan kelembagaan perangkat daerah sebagaimana di atur dalam UU Nomor 32 tahun 2004 maupun PP NO 41 tahun 2007 namun dalam perkembangannya ada perubahan regulasi sesuai UU NO 23 tahun 2014 dan PP NO 18 tahun 2016 yang berkaitan dengan kewenangan Pemerintah Provinsi, maka Pemprov Jatim membentuk satu Bakorwil yang di tempatkan di jember agar bisa membantu tugas Gubernur di daerah .

Dalam bahasan penggabungan 5 (lima) perusahaan daerah untuk di gabung kedalam PT . PWU dan PT.JIM di gabung ke dalam PT.PGU, Fraksi PPP melalui juru bicaranya H.Achmad Silahudin adalah bertujuan untuk meningkatkan PAD dan menyeimbangkan pemasukan ke kas daerah , Pemerintah Provinsi memberikan penyertaan modal sebesar Rp 3.638.942.884.500.  tiga koma enam trilyun lebih suatu angka yang besar , namun belum signifikan kontribusinya kedalam pemasukan kas daerah Pemprov Jatim .pada anggaran 2017 di rencanakan hanya sebesar Rp 371.135.389.423. tiga ratus koma tujuh milyar lebih kurang lebih 11 % dari penyertaan modal Pemprov Jatim  dan khusus PT. PWU Jatim sebesar Rp 3 milyar 989 juta. M

Baca Juga :  Diduga Pungli, Pabrik Gula Krembung Di Geledah Kejari Sidoarjo

Mengacu pada pasal 71ayat (1) UU NO 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas ada rincian yang meliputi : cadangan wajib, laba dibagi, dividen, cadangan lainya, tansim dan bonus, serta biaya tanggung jawab perusahaan. Seperti di ketahui Pemprov Jatim memiliki 12 BUMD berbadan hukum perseroan terbatas antara lain :PT.BANK JATIM, PT.BPR JATIM,PT.PWU JATIM, PT.SIER, PT.ASKRIDA, PT.JATIM INVESMENT MANAGEMENT, PT.JATIM MARGA UTAMA, PT.JATIM GRAHA UTAMA, PT.PETROGAS JATIM UTAMA, PT. JATIM KRIDA UTAMA, PD. AIR BERSIH, PT. JAMKRIDA JATIM .

Pandangan Komisi C DPRD Jatim yang dibacakan oleh jubir Gatot Sutantra Wisnu Murti.SH. telah menyampaikan dengan perluasan usaha baru maka melalui perda NO 9 tahun 2015 telah diberikan amanah kepada PT.PJU untuk melakukan pengambilalihan seluruh saham milik Pemprov Jatim  atau BUMD Pemprov Jatim maupun anak perusahaannya yang bergerak di bidang minyakdan gas bumi, sumber daya energi dan sumber daya mineral serta pengelolan pelabuhan umum . Gatot panggilan akrab dari Fraksi Nasdem/Hanura adalah politisi dari Hanura yang di kenal sangat supel dan bersahaja serta di kenal oleh kalangan masyarakat khususnya Jatim .  @ Nur A.

print
(Visited 157 times, 1 visits today)

Shortlink: