Gudang Garam Ilegal Di Grebek Polres Pacitan

0
35

Pacitan, BeritaTKP.Com – Polres Pacitan baru-baru ini menggerebek gudang garam di Desa Mentoro, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, Selasa 2/1/2018, diketahui bahwa Gudang tersebut milik AM (38) warga Desa Mentoro, Kecamatan/Kabupaten Pacitan. Pemilikntidak bisa berkutik ketika satuan reskrim Polres Pacitan menggrebeknya.

Kapolres Pacitan AKBP Setyo K. Hariyatno mengujarkan bahwa awalnya anggota mencurigai ada garam tanpa ada izin BPOM. Namun mencantumkan label halal. Benar saja, saat digerebek, baik karyawan maupun pemilik tidak bisa menunjukan surat izin BPOM. Pun label halalnya sudah kadaluarsa.

“Pemilik pun mengakui. Karena memang sudah terbukti bahwaq garam yang ada di gudangnya tidak berizin BPOM, dan selanjutnya barang bukti Langsung kami bawa garam kasar sebesar 264 ton, garam halus 15.3 ton. Selain itu juga garam yang sudah dipacking yakni, garam kasar sebesar 805 bal atau 5,6 ton dan garam halus 447 bal atau 1,7 ton,” ujarnya.

Atas perbuatanya pemilik dijerat pasal 91 jo pasal 142 UU RI No 82 tentang pangan. Dengan ancaman hukuman denda Rp 4 Miliar. Kemudian Pasal 8 huruf h Jo Pasal 62 ayat 1 UU RI No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara atau denda Rp 2 Miliar. Dan Permen Perindustrian RI No 43 tahun 2005 tentang pengolahan, pengemasan dan pelabelan garam beryodium. @HeriB