Lurah Morokrembangan Jadi Perintis Pelayanan Prima Bebas Pungli

0
55
Lurah Moro Krembangan Suhendri Widyo Astuti.SH., M.Si.

Surabaya, BeritaTKP.Com – Sebagai pejabat yang amanah dalam mengemban tugas dengan baik Lurah Moro Krembangan Suhendri Widyo Astuti.SH., M.Si. Lurah yang akrab dengan sebutan Wiwid mantan Dispenda Pemkot Surabaya. Telah banyak melakukan perubahan dalam birokrasi di lingkungan kerjanya dalam hal ini Kelurahan Morokrembangan, selama satu tahun lebih menjabat Suhendri melakukan perubahan signifikan serta berbagai prestasi dalam program maupun pelayanan Publik.

Kelurahan Morokrembangan menjadi Pioneer dalam program pengembangan serta pemberdayaan baik ekonomi maupun Sumber Daya Manusia, bahkan karang taruna bisa meraih Juara 1 umum se Kota Surabaya juga berkat Lurah Suhendri, saat ini juga karang taruna Moro Krembangan ikut lomba di tingkat Provinsi Jatim. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) juga berjalan dengan baik serta menghasilkan beberapa produk unggulan Mamin dengan pembinaan Lurah Suhendri seperti UMKM di RW 5 Gadukan Utara dan RW 4 Gadukan Timur memproduksi Tas juga meraih Juara 3 se kota Surabaya.

Ketika di temui wartawan BeritaTKP di ruang kerjanya Suhendri menegaskan keinginannya untuk berbenah dalam lingkup kinerja,” memang saya menjabat selama satu tahun lebih, namun ada keinginan untuk berbenah serta merubah sistem pelayanan prima secara terbuka dan prosedur agar masyarakat bisa memahami sistem birokrasi, misal kepengurusan KTP harus ada keterangan RT/RW setempat agar masyarakat tidak langsung nylonong ke Kelurahan, tupoksi RT/RW berjalan, dalam kepengurusan NPWP, SIUP, IPRT, masyarakat tahu tidak buta akan informasi dan masyarakat mengetahui bagaimana kinerja perangkat Kelurahan Morokrembangan, selama ini masyarakat Cuma tahu langsung jadi saja,”’ ungkap Suhendri yang mendapat predikat lurah terbaik dari Walikota Surabaya Risma Triharini.

Dengan merangkul semua elemen masyarakat yang ada tanpa harus protokoler Suhendri sering melakukan blusukan untuk mengetahui segala bentuk permasalahan di wilayah tugasnya, melakukan sterilisasi terkait bekupon burung dara yang ada di wilayah Kelurahan Morokrembangan sterilisasi Sungai bebas sampah.

Pemberdayaan Staf dan Kasi untuk di terjunkan ke lapangan dan menemui warga telah di terapkan oleh Lurah Suhendri, Staf tidak hanya duduk di belakang meja saja bahkan secara bersama – sama meninjau langsung ke beberapa RW di Kelurahan Morokrembangan, bekerja sama dengan Dinas Informatika dan Komunikasi (Diskominfo) untuk mengupdate informasi serta mengikuti perkembangan baik Kamtibmas maupun kesenjangan sosial.
Melaksanakan program pemerintah juga menyalurkan segala bentuk bantuan dari pemerintah pusat baik Program Keluarga Harapan, Bedah Rumah, Raskin Lurah Suhendri secara langsung memantau di lapangan dan selalu koordinasi dengan staf di bawahnya guna sampai tepat sasaran kepada warga yang benar – benar berhak menerima.

Dalam pembenahan di Kelurahan Morokrembangan yang membawahi 9 RW, Lurah Suhendri bersikukuh untuk bersih – bersih dari Pungli (Pungutan Liar) intinya bersih – bersih dari korupsi, sebagai percontohan birokrasi yang jujur dan berwibawa.@Nur A/Ris.