Tidak Pernah Ada RAT Petani Sumber Windu Tuntut Ketua dan Pengurus Gapoktan Di Reformasi

0
67

Nganjuk BeritaTKP-Com Struktur pengurus dan ketua Gapoktan Sumber Windu di tuntut petani untuk di ganti dengan kepengurusan baru kepada Kepala Desa. Tuntutan ini dilakukan karena tidak adanya keterbukaan laporan ataupun RAT dari pengurus Gapoktan Sri Makmur. Petani menyampaikan aspirasi ini kepada Kepala Desa Sumber Windu dengan tujuan agar dana yang seharusnya untuk anggota kelompok tani tidak dikuasai oleh Ketua Gapoktan.

Dari olah TKP tokoh masyarakat menegaskan di desa Sumber Windu ini masyarakat petani sudah lama menginginkan reformasi pengurus Gapoktan karena selama ini tidak ada keterbukaan dan hal ini sudah sepantasnya di adakan pemeriksaan dan pertanggung jawaban agar masyarakat petani tahu. Sudah sepantasnya pihak terkait memeriksa dan menindaklanjuti keinginan petani Sumber Windu. Apabila dalam masalah ini ada unsur pidana saya harapkan dari pihak dinas terkait segera menyikapi sesuai peraturan yang ada, tegasnya.

Informasi dari Kepala Desa menyampaikan bahwa “Petani di Desa Sumber Windu menginginkan perubahan struktur kepengurusan Gapoktan Sri Makmur saya harus segera menyikapi hal ini. Dengan memanggil ketua beserta pengurus, tokoh masyarakat, BPD, LPM, Kepala BPPK beserta staf, perwakilan petani beserta Babinsa dan Babinkantibmas kita adakan musyawarah di balai desa (21/03/2019). Hasil dari musyawarah adalah perubahan struktur Gapoktan dan pengembalian aset-asetnya”. Untuk permodalan Gapoktan kita adakan audit internal sehingga semuanya terbuka dan akan segera kami bentuk pengurus baru, tegasnya.

Dari pihak Ketua Gapoktan Moh Fajri dalam musyawarah menyatakan siap untuk diganti dan mengembalikan aset beserta permodalan yang selama ini masuk di Gapoktan. Secara administrasi dibantu pihak dari Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan (BPPK) untuk menyelesaikan pertanggung jawaban dan menyerahkan semua ke Pemdes Sumber Windu sebagai wakil dari masyarakat petani. (Hary)