Gunung Bromo Diselimuti Embun Bersalju

0
33

Probolinggo Berita TKP-Com Gunung Bromo yang terletak di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) diselimuti embun salju. tampak  terlihat pemandangan bekuan  embun salju menempel di permukaan tanaman yang tumbuh di sepanjang kawasan Gunung Bromo. Tak hanya itu, buliran salju juga mengendap di permukaan lautan pasir (Segoro Wedi), sehingga Kaldera Gunung Bromo nampak seperti lautan embun es salju.

“Bagus, indah sekali pemadangannya, baru pertama kali ini saya lihat di bromo ada frozen (buliran salju),” kata Sugianto, salah satu pengunjung Gunung Bromo.

Meski dingin menusuk tulang, namun menurut Sony, hal itu tak menyurutkan niatnya untuk menikmati eksotika alam di kawasann Gunung Bromo.

“Cuacanya ekstrem, tapi justru lebih bagus dengan adanya frozen, meski ya harus mengenakan pakaian lebih tebal,” ujarnya.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Gunung Bromo, Ahmad Subhan menyebut bahwa embun salju di kawasan Gunung Bromo merupakan embun yang membeku akibat suhu dingin yang mencapai hingga minus dua derajat selsius.

“Seminggu ini, sudah dua kali terjadi di lautan pasir embunnya beku. Jadi fenomena ini terjadi tahun ini ya, akibat kemarau,” tandasnya.(red)