Tahun 2018, Surabaya Akan Miliki Kebun Raya Mangrove Seluas 200 Hektare

Surabaya, BeritaTKP.ComHutan Mangrove memiliki fungsi mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga dapat mencegah terjadinya Intrusi Air laut ke daratan. Erosi merupakan pengikisan permukaan tanah oleh aliran air sedangkan abrasi merupakan pengikisan permukaan tanah akibat hempasan ombak laut.

Hal tersebut juga mencegah terjadinya longsor di perkotaan, beruntungnya kota surabaya yang memiliki kebun mangrove yang rindang, bahkan menurut informasi Surabaya akan mempunyai Kebun Raya Mangrove Kebun raya itu akan mempunyai luas 200 hektare yang dilengkapi dengan jembatan bambu yang melintas di atas bozem yang menghubungkan Mangrove Information Center dengan kawasan mangrove Gunung Anyar.

Walikota surabaya Tri Rismaharini dalam hal ini menjelaskan Saat ini proses penetapan kebun raya sedang dikonsultasikan dengan pihak yayasan kebun raya yang akan membantu bagaimana prosedur pembentukan kebun raya.

“Karena belum ada kebun raya yang khusus mangrove, kalau tidak salah ini yang pertama. Mungkin yang pertama di dunia, Saat ini proses penetapan kebun raya sedang dikonsultasikan dengan pihak yayasan kebun raya yang akan membantu bagaimana prosedur pembentukan kebun raya. Kalau sudah jadi kebun raya akan ada aktivitas penelitian di samping jadi wisata. Itu nanti dari nasional (yayasan kebun raya) yang ngerti,” ujar walikota Tri Rismaharini.

Baca Juga :  Bupati Pasuruan Berangkatkan 1.132 Jama’ah Haji

Selain untuk kebutuhan penelitian beragam jenis mangrove, kebun raya nantinya akan dibangun jembatan bambu yang bisa jadi yang terpanjang serta menjadi jalur pejalan kaki mengeliling bozem dan kawasan mangrove.

Wali Kota yang di juluki sebagai ‘Ibuk’e Arek Suroboyo’  ini berharap proyek Kebun Raya Mangrove 200 hektar masuk dalam proyek 2018 dan bisa selesai tahun ini, ia juga menjelaskan bahwa luasan kebun raya akan mencapai 200 hektar yang akan dicapai secara bertahap.

“Kami sudah punya lahan mangrove luasnya 50 hektar. Untuk mencapai itu kami akan bebaskan beberapa lahan milik warga agar bisa menjadi kesatuan, Harapan kami selesai tahun ini sambil terus berkoordinasi dengan Yayasan Kebun Raya serta pembebasan lahan,” pungkas Risma. @red

print

Incoming search terms:

  • magruf d surabaya thun 2018
(Visited 15 times, 1 visits today)

Shortlink: