Tongkang Terdampar Cemari Lingkungan

Pacitan, BeritaTKP.com – Pacitan, beritatkp.com; intensitas terdampar nya Tongkang pengangkut Batubara untuk pasokan PLTU Jatim 2 Sudimoro, Pacitan kian tinggi. Saat ini 2 Tongkang terdampar di Pantai Kunir dan Dagi,  Sudimoro, Pacitan. Tentu saja dampak lingkungan akibat tumpahan Batubara terhadap biota laut, terumbu karang dan ekosistem kelauran ikut menjadi tinggi.

Sebanyak 10.000 ton batubara yang di angkut salah satu Tongkang bernomor BG ETI 3603 terancam mencemari garis Pantai Sudimoro sejak Kamis (11/1) pukul 20.30 WIB..  Tingginya potensi pencemaran itu dapat menyebabkan nelayan kehilangan sumber penghasilan karena tangkapan ikan yang berkurang. Seperti dilaporkan KAUPT Pelabuhan dan Pengelola Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Tamperan, Pacitan, Ninik,  melalui Kepala Pengaman, Imam, “Akibat terdampar nya BG ETI 3606 tersebut mengakibatkan perubahan warna hitam pekat perairan di kawasan laut Platar sampai dengan Pantai Daki Desa Sumberejo.” Dari kenyataan itu dapat dipastikan rusaknya Baku Mutu Air,  Biota Laut dan Terumbu Karang.

Sebetulnya UU dan regulasi telah mengamanatkan agar pemilik kapal melengkapi beberapa persyaratan dan ketentuan, misalnya, pasal 24 PP NOMOR 19 tahun 1999, tentang Pengendalian Pencemaran dan atau Perusakan Laut, “Setiap orang atau penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan yang mengakibatkan pencemaran dan/atau perusakan laut wajib menanggung biaya penanggulangan pencemaran dan/atau perusakan laut serta biaya pemulihannya.”

Baca Juga :  Gencar Tilang Pelajar Sidoarjo, Polisi Gelar Razia Kendaraan Bermotor

Sementara,  pemilik batubara PT. Arutmin Indonesia yang beralamatkan di Bakrie Tower lt. 14 jl. H Rasuna Said Kuningan Jaksel, sampai berita ini di tulis belum bisa di hubungi beritatkp.com via nomor (021) 579 456 **

Sedang syahbandar khusus yang bertugas di PLTU Sudimoro masih intensif berkoordinasi dengan UPT P2KPT, KAMLADU, PT ADI GUNA PUTRA dan LH serta syahbandar Brondong Lamongan untuk seterusnya melaporkan ke MAHKAMAH Pelayaran.

Penggiat Lingkungan Hidup dari LSM AMPuH, Fatkur siap mengajukan gugatan lingkungan Bagi pemilik kapal dan batubara kepada MAHKAMAH Pelayaran dan atau penegakan hukum lainnya.@El_B

print

Incoming search terms:

  • www beritatkp com
(Visited 89 times, 1 visits today)

Shortlink: