Warga Kediri Tolak Raskin Bermutu Jelek

Kediri, BeritaTKP.Com – Beras Rastrada dengan kondisi mutu kurang baik menuai penolakan warga Kota Kediri yang tinggal di 3 kelurahan mengeluhkan dengan kondisi beras kesejahteraan daerah (Rastrada) bahkan Selain jelek, beras murah itu juga banyak kutunya.

Hal ini terjadi terjadi di Kelurahan Burengan, Kelurahan Bangsal dan Kelurahan Dermo, salah seorang warga Kelurahan Burengan Kota Kediri, dia sangat kecewa dengan mutu beras yang ditebus dengan harga Rp 1.600 per Kilogramnya itu. “Mengecewakan mutunya. Ada kutu dan jelek berasnya kotor. Kalau bisa murah, tapi jangan murahan,” keluhnya.

Sementara itu Budi Santoso selaku Kabid Linjamsos Dinsos Kota Kediri mengakui, beras memang dalam keadaan rusak dan tidak sesuai spek, Menurutnya, permintaan pihak Dinsos saat lelang pengadaan beras yaitu premium. Namun yang dibagikan ke warga ternyata bukan jenis premium. “Kami meminta kualitas premium, tapi dikasih seperti ini,” ujar Budi.

Budi Santoso menyebut, akibat mutu beras yang jelek, pihaknya menerima sekitar 1.620 Kg beras yang dikembalikan oleh pihak kelurahan, “Iya dari Kelurahan Dermo hari ini sebanyak 375 Kilogram,” ungkap Budi.

Baca Juga :  JPU Tuntut Wisnu Wardhana Lima Tahun Kurungan Penjara

Sebelumnya, pihaknya juga menerima pengembalian beras dari Kelurahan Bangsal sebanyak 600 Kg dan Kelurahan Burengan 645 Kg. “Dari tiga kelurahan rata-rata kerusakan beras sama yaitu banyak mener kotor dan bukan berjenis premium serta berkutu,” ujarnya.

Karena adanya penolakan dari masyarakat dengan kondisi beras, Dinsos akhirnya mengembalikan beras pada pihak rekanan untuk diganti, ia  juga mengancam apabila permintaan tersebut diabaikan oleh pihak rekanan, maka pihak Dinsos tidak akan melakukan pembayaran. @haryono

print
(Visited 14 times, 1 visits today)

Shortlink: