Bondowoso, BeritaTKP.com – Jutaan batang rokok tak bercukai disita Satpol PP Kabupaten Bondowoso saat tengah melakukan operasi rokok ilegal. Petugas dapati jutaan rokok ilegal tersebut dari pasar maupun home industry rokok di berbagai wilayah yang masih memasuki kawasan Kabupaten Bondowoso. Selain itu, jutaan batang rokok tersebut juga berasal dari berbagai merek, yang diproduksi sejumlah industri di Jawa Timur.

Sebagai salah satu wilayah penghasil tembakau, di Bondowoso terdapat puluhan hingga ratusan industri rokok berskala kecil maupun menengah, terutama industri rokok rumahan. Bukan cuma itu. Di pasaran juga banyak ditemui kemasan rokok yang tidak menggunakan cukai rokok resmi yang dikeluarkan bea cukai. Kemasan rokok semacam itu biasanya diproduksi oleh home industry.

Hasil operasi rokok ilegal oleh Satpol PP Bondowoso.

Kasat Pol PP Bondowoso, yakni Slamet Yantoko menjelaskan operasi ini akan dilakukan secara berkala. Untuk tahap awal, operasi dilakukan di 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Bondowoso. Sasarannya yakni rokok yang tidak menggunakan cukai resmi, maupun rokok yang memang sama sekali tak menggunakan cukai.

“Khusus untuk home industry, akan dilakukan dulu tindakan persuasif berupa sosialisasasi tentang undang-undang tentang cukai maupun perda,” tegas Slamet.

Slamet memaparkan, total barang bukti yang mereka amankan sebanyak 250 ribu bungkus rokok. Tiap bungkus berisi masing-masing 12 batang rokok. “Tinggal dikalikan saja satu bungkusnya ada 12 batang, yang kami amankan ada 250 ribu bungkus. Jutaan batang yang kami amankan,” paparnya.

Dalam operasi pasar rokok ilegal itu, Satpol PP Bondowoso sengaja menggandeng Bea Cukai Jember. Jutaan rokok ilegal tersebut lantas ditampung sementara di satu tempat dan berencana bakal dimusnahkan. (Din/RED)