WAMENA: BERITA- TKP. COM – Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip SH. MH. memimpin kegiatan penanaman cabai dalam rangka produk unggulan Kodim 1702/JWY bertempat di Kampung Honai Lama Distrik Wamena Kabupaten Jayawijaya, Sabtu (24/09).

Kegiatan penanaman cabai ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat serta sebagai tolak ukur masyarakat dalam pengembangan tanaman cabai untuk mensukseskan program pemerintah dalam bidang ketahanan pangan.

Dalam sambutannya, Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip SH. MH. menyampaikan bahwa kegiatan tanam cabai perdana di kampung ini bisa terwujud berkat upaya dan kerja keras para Babinsa bersama dengan masyarakat.

“Peran TNI khususnya Babinsa sangatlah penting dalam menyukseskan program pemerintah pada bidang ketahanan pangan. Oleh karena itu para Babinsa selalu dituntut berperan aktif dalam setiap kegiatan positif di desa binaan. Salah satunya harus bisa mendorong masyarakat untuk memanfaatkan lahan tidur agar bisa meningkatkan taraf perekonomian bagi masyarakat di Kampung ini,” katanya.

Dandim juga mengatakan, Para Babinsa dari Koramil 1702-01/Jayawijaya akan terus mendampingi para petani Cabai sehingga dapat berkembang dan menjadi salah satu produk unggulan di Kabupaten Jayawijaya.

“Pendampingan kepada para petani Cabai agar dapat menghasilkan produk yang berkualitas, sehingga apa yang dihasilkan dapat di ekspor keluar dari Kota Wamena. Minimal ke distrik-distrik yang ada di Kabupaten Jayawijaya ujar Dandim.

Di tempat terpisah, Danramil 1702-01/Jayawijaya Kapten Inf Aprin Paembonan mengatakan, para Babinsa terus aktif di wilayah binaan dan selalu berada di tengah-tengah masyarakat dan memberikan pendampingan perawatan tanaman.

“Di samping itu, dengan aktif di wilayah akan menciptakan silaturahmi dan keharmonisan bersama masyarakat dan tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat guna wujudkan ketahanan pangan wilayah yang kuat, “tuturnya.

Ketua Kelompok Tani Cabai Kampung Honai Lama, Erinus Wetapo, menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1702/JWY yang selalu setia memberikan pendampingan.

“Tidak hanya sekedar membantu, tetapi dukungan Babinsa secara langsung sangat memotivasi semangat kerja kepada para petani, seperti yang dilakukannya saat ini,“ pungkasnya.

Di akhir kegiatan, Dandim 1702/Jayawijaya menyerahkan secara simbolis alat perkebunan berupa Skop dan Topi Petani serta bibit cabai kepada Para petani kampung Honai Lama Kabupaten jayawijaya.Pungkasnya(ERS).