Banyuwangi, BeritaTKP.com – Seorang pria berinisial AM (41), warga Desa Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, Banyuwangi, bernasib sial. Pasalnya, belum mendapatkan target buruan curiannya, ia tertangkap basah dan malah berakhir babak belur dihajar warga. Diketahui AM hendak mencuri puluhan kilogram jeruk di kebun milik Suroso, warga Siliragung, pada Jum’at (22/9/2022) kemarin, sekitar pukul 19.00 WIB.

Aksi pelaku diketahui warga bernama Pujiono dan Febri yang saat itu tengah ronda malam. Saat melintas di area perkebunan jeruk milik Suroso, kedua warga itu mencium aroma segar jeruk yang baru dipetik. Karena curiga, keduanya pun menelusuri asal muasal bebauan itu. “Jadi ada dua warga yang mencium adanya buah segar yang dipetik malam hari. Karena curiga keduanya mendatangi salah satu kebun milik warga,” ujar Kapolsek Siliragung, AKP Abdul Rohman, Sabtu (24/9/2022).

Setelah ditelusuri, keduanya pada saat itu menjumpai orang tak dikenal bersamaan dengan gelagatnya yang mencurigakan. Saat ditanya, awalnya pelaku berdalih tengah buang air besar.

Anehnya, di samping orang tersebut, kedua warga menjumpai kantong kresek yang berisi jeruk. Saat diinterogasi lebih lanjut, orang itu justru langsung lari tunggang langgang.

Sempat terjadi aksi kejar-kejaran hingga pelaku berhasil dilumpuhkan. Warga sempat menghadiahi bogem mentah hingga pelaku babak belur. “Pelaku melakukan perlawanan, namun akhirnya berhasil ditangkap dan diserahkan ke polisi,” tambah Abdul Rohman.

Dari tangan pelaku, polisi menyita barang bukti berupa 7 kantong plastik berwarna merah berisikan buah jeruk dengan berat 73 kilogram.

“Pelaku masih diproses. Pelaku dijerat dengan dasar tersebut pelaku dijerat pasal 363 ayat (1) ke 3e,” tandasnya. (Din/RED)