Surabaya, BeritaTKP.com – ETLE Mobile Gadget akhirnya akan sungguhan diterapkan mulai pada tanggal 3 Oktober 2022 mendatang, setelah setelah hampir selama dua pekan gencar dilakukan sosialisasi terkait tilang elektronik terbaru ini.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya Kompol Arif Fazlurrahman mengatakan penerapan ETLE Mobile Gadget akan diterapkan berbarengan dengan operasi Zebra Semeru. “ETLE Mobile Gadget akan mulai di terapkan pada 3 Oktober mendatang bertepatan dengan Operasi Zebra Semeru,” kata Arif, Senin (26/9/2022) kemarin.

Arif menambahkan kendati saat ini masih dalam tahapan sosialisasi. Pihaknya sudah melakukan analisa dan evaluasi. Terutama menentukan jalan-jalan di Kota Surabaya yang kerap terjadi pelanggaran lalu lintas. “Besok kami akan mengelar rapat anev sosialisasi selama satu pekan kemarin. Persiapannya kita melakukan evaluasi yang sering terjadi pelanggaran di daerah mana saja yang sering terjadi pelanggaran lalu lintas,” ujar Arif.

Pada saat operasi Zebra Semeru, kita akan melakukan oprimalisasi penindakan menggunakan ETLE, baik statis maupun mobile. Sedangkan anggota lantas yang ditunjuk sebagai petugas ETLE Mobile Gadget, selama massa sosialisasi sudah mengatakan tidak menemukan suatu kendala. “Petugas di lapangan sudah tidak ada kendala,” ungkap Arif.

Petugas yang akan menjalankan ETLE juga sudah terlatih dalam melakukan verifikasi ketika menerima capture pelanggaran lalu lintas di lapangan. Selama tahapan sosialisasi, kata Arif. Ada ratusan pelanggar yang ter-capture ETLE Mobile Gadget, baik roda dua dan empat.

“Untuk roda dua pelanggaran yang kasat mata yakni paling banyak tidak menggunakan helm. Sedangkan kendaraan roda empat, banyak pelanggarannya yakni parkir sembarang di rambu-rambu dilarang parkir dan marka,” tandas Arif. (Din/RED)