Kepala Desa Sembung Terkena OTT, Terancam 4 Tahun Di Bui

Sidoarjo, BeritaTKP.Com – R Prayudi Santoso (50) selaku Pj Kepala Desa Semambung, Kecamatan Gedangan diamankan oleh Unit Tindak Pidana Korupsi (Tripikor) Satreskrim Polresta Sidoarjo lantaran ia diduga melakukan tindak pidana korupsi Pungutan Liar (Pungli) sehingga ia terkena operasi tangkap tangan (OTT).

“Satreskrim Polresta Sidoarjo telah berhasil melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap seorang PNS yang menjabat Pj Kepala desa Semambung Gedangan Sidoarjo,”ujar Waka Polresta Sidoarjo AKBP Indra Mardiana.

Adanya dugaan pungli yang dilakukan oleh R Prayudi Santoso yakni melakukan tindak pidana korupsi pungli untuk pembuatan surat perjanjian jual beli tanah, hal itu sendiri di jelaskan oleh AKBP Indra Mardiana selaku Waka Polresta Sidoarjo.

Penangkapan tersebut terjadi pada kamis, 16 maret 2017 sekitar pukul 10.00 WIB penangkapan dilakukan oleh petugas saat R Prayudi Santoso berada di ruang kepala desa, hingga akhirnya petugas mengamankan pelaku hingga akhirnya pelaku akan terancam dengan pasal 12 e UU RI No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU RI Nomer 31 tahun 1999, juncto pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP dengan ancaman minimal 4 tahun dan maksimal 20 tahun penjara.

Pungli yang dilakukan kades yakni meminta uang terhadap seorang berinisial SW untuk pembuatan penerbitan surat perjanjian jual beli tanah, dan tersangka telah menerima uang sebesar Rp 10 juta dari SW yang telah membeli sebidang tanah seluas 130 m2 yang terletak di Desa Semambung dengan harga Rp 260 juta dan Untuk pembuatan surat IJB tanah tersangka mematok 5 persen dari harga tanah yang telah dijual belikan.

Dalam kasus operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh Satreskrim Polresta Sidoarjo tersebut selain mengamankan pelaku petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa uang tunai sebesar Rp 10 juta, satu lembar kuitansi jual beli tanah, dan dua lembar surat perjanjian jual beli tanah. @SriT

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda