Barang Bukti Senilai Rp 780 M Dimusnahkan

Probolinggo, BeritaTKP.Com – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jatim Bersama Polri dan TNI, kejaksaan, pengadilan dan pemerintahan daerah setempat melakukan pemusnahan sejumlah barang bukti berupa Jutaan rokok, minuman keras ilegal, alat bantu sex, suplemen kesehatan dan obat-obatan tanpa dilengkapi cukai, spare part kendaraan dan air softgun senilai Rp 780 miliar.

Pemusnahan barang bukti yang terbukti melanggar UU No 39 tahun 2007 tentang perubahan atas UU No 11 tahun 1995 tentang cukai tersebut dilakukan di kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo.

Nirwala Duwi Riyanto selaku Kepala Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jatim II Jawa Timur, mengungkapkan bahwa pemusnahan ini merupakan penghasil cukai terbesar secara nasional lantaran akibat kejahatan yang melanggar UU No 11 tahun 1995 tentang cukai tersebut telah merugikan terhadap negara sejumlah Triliunan rupiah.

Barang bukti berupa  jutaan rokok dan minuman keras tanpa cukai tersebut, merupakan hasil kegiatan kepabeanan dan cukai baik melalui jalur darat maupun laut, kegiatan yang meliputi, Kota Tulungagung, Blitar, Kediri, Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Banyuwangi, berhasil mengamankan banyak barang bukti.

“Barang bukti ilegal ini telah merugikan negara triliunan rupiah. Kami musnahkan barang bukti ini dari hasil penyitaan dari berbagai daerah di Jawa Timur. Dari sejumlah barang bukti berbagai jenis ini kami kami bakar ludes hari ini,” ujar Nirwala Duwi Riyanto.

Dalam kasus ini tak hanya negara yang di rugikan pihak Bea dan Cukai Jatim II Jawa Timur juga mengalami kerugian sebesar Rp 393 juta, maka dari itu dengan pemusnahan ini diharapkan bisa melindungi masyarakat dan indrusti dalam negeri yang mematuhi ketentuan pemerintah selain menciptakan daya saing yang seimbang antara pelaku usaha, juga sebagai wujud transparasi dan pengolahan barang hasil penindakan. @sul

Download Apps BeritaTKP di Hp Anda