Gresik, BeritaTKP.com – Polres Gresik mulai tanggal 3 hingga 16 Oktober mendatang akan menggelar Operasi Zebra Semeru 2022. Untuk kelancaran operasi ini, beberapa personel kepolisian dikerahkan bersama pihak terkait dalam misi menciptakan Kamseltibcarlantas yang Presisi.

Kapolres Gresik, AKBP Mochamad Nur Azis memimpin apel gelar pasukan, Senin (3/10/2022). Dijelaskan, sasaran Operasi Zebra Semeru 2022 meliputi segala bentuk potensi gangguan, ambang ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi menimbulkan kemacetan dan pelanggaran lalu lintas.

“Operasi Zebra Semeru akan berlangsung selama 14 hari ke depan. Tujuannya menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu lintas dan angka fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas,” kata AKBP Nur Azis.

Pelaksanaan operasi ini secara garis besar untuk menciptakan kamseltibcarlamtas agar masyarakat lebih patuh dalam berkendara dan menekan angkat fatalitas keccelakaan. Masyarakat diimbau selalu tertib ketika di jalan raya. Memakai helm, mematuhi rambu – rambu dan lain – lain.

Adapun pelanggaran – pelanggaran yang menjadi atensi kepolisian setidaknya ada 14 sasaran. Melawan arus, berkendara du bawah pengaruh alkohol, menggunakan HP saat mengemudi, tidak menggunakan helm SNI, tidak memakai sabuk pengaman, berkendara di bawah umur, melebihi kecepatan, kendaraan roda dua yang tidak dilengkapi perlengkapan standar, kendaraan roda empat yang tidak memenuhi syarat layak jalan, berboncengan lebih dari dua orang, melanggar bahu jalan hingga menyasar kendaraan yang memakai rotator/sirine tidak sesuai peruntukan. (Din/RED)