DISTRIK: BERITA- TKP. COM – Sebagai bentuk kepedulian dan dukungan dalam menjaga ketahanan pangan di wilayah Pedalaman Papua, Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Pos Napua bersama dengan masyarakat dalam proses pembukaan lahan perkebunan di Distrik Napua, Kabupaten Jayawijaya, Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Letkol Inf Ricky J. Wuwung, S.Sos., M.I.P., dalam rilis tertulisnya di Distrik Mbua, Kabupaten Nduga, Papua (03/10/22).

“Kegiatan yang dilakukan Pos Napua merupakan upaya menjaga Stabilitas ketersediaan bahan pokok makanan khususnya umbi-umbian dan Sayuran, karena tanaman ini merupakan salah satu sumber makanan bagi masyarakat di Pegunungan tengah Papua,” ucap Dansatgas.

Danpos Napua Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad Lettu Inf Mulyana mengatakan, disamping melaksanakan tugas pokok menjaga kedaulatan NKRI, kami Satgas tetap mempunyai tanggung jawab moral kepada masyarakat dengan melakukan pembinaan melalui Bidang Pertanian.

“Dengan kegiatan ketahanan pangan pembukaan lahan perkebunan ini diharapkan agar masyarakat khususnya yang ada di perbatasan Papua menjadi termotivasi untuk belajar berkebun dalam memberdayakan lahan kosong, sehingga kedepannya dapat memberikan manfaat dan dapat membantu meningkatkan perekonomian warga,” ujar Danpos Napua.

Sambutan hangat disampaikan salah satu warga bapak Pejoak Yelipere (50) karena sudah membantu membuka lahan dan menanam sayuran

“Sebelumnya kami hanya bisa menanam ubi saja, setelah ada bapak TNI kami jadi mengerti bagaimana caranya menanam sayuran agar tidak mudah mati, kami merasa sangat terbantu, semoga Tuhan membalas segala kebaikan adik-adik. Naura naura naura,” pungkas Maenus.

Selain membantu membuka lahan dan bercocok tanam, Pos Napua Satgas Yonif Raider 321/GT memberikan bantuan berupa bibit Sayuran kepada masyarakat.

Ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dibuat oleh Satgas Yonif Raider 321/GT/13/1 Kostrad sebagai salah satu wujud dukungan kepada masyarakat untuk bercocok tanam dengan berkebun guna meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat pedalaman Papua. Autentifikasi Papen Satgas  Yonif Raider 321/GT Letda Chk Arya Yudhistira,S.H. Ungkapnya(ERS).